Haji Ramah Lansia, Kemenag Sediakan Pendampingan hingga Kursi Bisnis Pesawat

Haji Ramah Lansia, Kemenag Sediakan Pendampingan hingga Kursi Bisnis Pesawat

Juru bicara Kemenag Anna Hasbie mengungkapkan program haji ramah.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebanyak 45.678 jemaah dengan usia 65 tahun ke atas mendapatkan fasilitas khusus berupa kursi prioritas (bisnis) saat dalam penerbangan, baik menuju ke Tanah Suci atau nanti ketika balik ke Tanah Air.

Hal itu sebagai bentuk upaya Kementerian Agama (Kemenag) untuk wujudkan Haji Ramah Lansia.

"Kita alokasikan secara khusus kuota pendamping jemaah lansia. Ini bagian upaya Kemenag wujudkan Haji Ramah Lansia," terang Jubir Kemenag Anna Hasbie di Jakarta, Senin, 13 Mei 2024.

BACA JUGA:Pemerintah RI Boyong 62 Ton Obat ke Madinah

Anna mengatakan fasilitas yang diberikan pada seluruh jemaah lansia itu seperti kursi prioritas (bisnis) saat dalam penerbangan, baik menuju ke Tanah Suci atau nanti ketika balik ke Tanah Air.

Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan haji 2023, ada sejumlah kebutuhan layanan lansia yang tidak bisa secara optimal bisa diakses petugas. Untuk itu, keberadaan pendamping yang umumnya adalah keluarga menjadi penting.

"Ada kebutuhan layanan di kamar mandi yang mungkin lebih pas jika keluarga yang mendampingi lansia. Sampai detail ini perhatian Gus Men agar jemaah nyaman beribadah," ujar Anna. 

Upaya yang lain adalah merilis senam haji dengan gerakan yang juga ramah lansia. Tujuannya, agar bisa dipraktikkan lansia dalam menjaga kebugaran dan kesehatan mereka.

"Gerakan senam dirumuskan para pakar pada bidangnya termasuk dengan memperhatikan kondisi lansia. Gerakan ini bisa dilakukan saat di pesawat atau di hotel jemaah," kata Anna.

BACA JUGA:Jamaah Haji Dimanjakan Menu Masakan Nusantara

Sebagai ikhtiar, lanjut Anna, Kemenag juga menginisiasi sejumlah program ramah lansia sejak dalam negeri, misalnya: bimbingan manasik dengan mengedapkan rukhshah (keringanan), seremoni yang singkat (maksimal 30 menit dan 2 sambutan), layanan prioritas di asrama haji dalam bentuk makan dengan menu khusus dan penempatan kamar di lantai bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: