Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPKP Terus Tingkatkan Kesehatan Hewan Qurban

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPKP Terus Tingkatkan Kesehatan Hewan Qurban

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati saat ditemui di Hotel Langham, Jakarta Selatan pada Rabu, 29 Mei 2024.-Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus tingkatkan kesehatan hewan qurban jelang Hari Raya Idul Adha pada bulan Juni mendatang.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di masing-masing tempat penampungan di 5 wilayah sejak 1 Mei 2024 kemarin.

BACA JUGA:Ratusan Ikan Mati Mendadak di Waduk Kelapa Gading, Dinas KPKP: Kualitas Air Buruk

BACA JUGA:Puluhan Ekor Kucing Mati Misterius di Sunter, KPKP DKI Jakarta Langsung Lakukan Penyelidikan

"Kemudian yang kedua, apa sih hasil pemeriksaan yang sudah kita dapatkan gitu ya? Ya Alhamdulillah saat sekarang ini pada kondisi yang sehat semua ternaknya," ujar Eli di Hotel Langham, Jakarta Selatan pada Rabu, 29 Mei 2024. 

Maka dari itu, Eli menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam.

"Yang kedua apa yang bisa kita lakukan dari kasat mata. Seperti dari tubuhnya, warna bulu, dan tidak ada lendir atau ingus dan suhu badan," jelasnya.

BACA JUGA:Keamanan Stok Pangan Jakarta Jelang Ramadhan 2023 Diungkapkan KPKP, Pasokan Pangan Hortikultura Mengalami Penurunan

Eli menegaskan, jika masyarakat ingin membeli hewan kurban yang paling terpenting adalah bertanya kepada pedagang untuk memastikan kesehatan pada hewan tersebut.

"Yang paling terpenting kita sebagai konsumen mau bertanya kepada pedagang bagaimana tentang surat kesehatannya, dengan dokumentasi pemasukannya," tegasnya.

Sementara itu, Eli mengaku, saat prosesi penyembelihan hewan qurban di hari H pihaknya akan bekerjasama dengan kawan-kawan mahasiswa IPB.

BACA JUGA:Apakah Hewan Kurban akan Menjadi Kendaraan di Akhirat? Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Faktanya

"Demikian juga saat sekarang ini kita juga menggandeng kawan-kawan sektor swasta ya diantaranya ya untuk bersama-sama membantu," imbuhnya.

"Dari Kementerian Pertanian, dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia untuk ikut membantu kita pada hari H-nya gitu ya tersebar di seluruh masjid yang melakukan pemotongan," tutup Eli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: