Mengenal Rosacea, Masalah Kulit dengan Gejala Bintik-Bintik Merah

Mengenal Rosacea, Masalah Kulit dengan Gejala Bintik-Bintik Merah

Mengenal Rosacea, gejala kulit Bintik-Bintik kemerahan--freepik

JAKARTA, DISWAY.ID – Permasalahan kulit orang Indonesia beragam, salah satunya Rosacea. Pernahkah mendengar gangguan kulit tersebut?

Dalam Wardah SKINVERSE - Science Powered Skincare, Wardah mengajak pengunjung untuk mengenal lebih jauh terkait dengan kondisi kulit

Menurut dr. Shalina Sebayang, Sp. DVE, FINSDV, FAADV dari Perdoski dan Affi Assegaf - Skincare Guru menjelaskan Rosacea sebagai penyakit kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan disertai bintik-bintik menyerupai jerawat.

BACA JUGA:AI Mulai Sasar Dunia Kecantikan, Kencangkan Kulit Wajah Kini Manfaatkan Gelombang Radio-frekuensi

Data epidemiologi memperkirakan bahwa kondisi kulit Rosacea di seluruh dunia mencapai sekitar 5% dari seluruh jumlah populasi.

Namun, kesadaran masyarakat terhadap kondisi ini masih belum terlalu tinggi. Pengobatan Rosacea memiliki tantangan tersendiri bagi para dokter dan pasien.

Oleh karena itu, pemilihan produk skincare dalam masa pengobatan Rosacea menjadi esensi untuk menghindari ataupun meminimalisir faktor pemicu Rosacea.

BACA JUGA:Cara Merawat Kulit Lansia agar Tak Terkena Dekubitus

Dengan skin concern tersebut, Affi Assegaf merekomendasikan Wardah Calm and Soothe Gel Moisturizer yang mengandung Cica Complex, Panthenol, dan Ceramide yang melembabkan dan menenangkan kulit serta tidak mengandung fragrance sehingga cocok untuk kulit yang sensitif dan kondisi Rosacea.

Masyarakat juga diajak mengenal Acid Mantle atau lapisan terluar skin barrier yang memiliki peran penting sebagai first line of defense yang menjaga kulit dari bakteri, virus, dan kontaminan yang dapat masuk ke dalam sel kulit serta mencegah kulit kehilangan kelembaban alami. Lapisan ini sangatlah halus dan tipis, sehingga cukup rentan untuk terganggu atau rusak.

BACA JUGA:6 Cara Merawat Kulit Kering, Perbanyak Minum Air Putih

Jika rusak, hal ini dapat menimbulkan masalah seperti, kulit dehidrasi, kemerahan, beruntusan, minyak berlebih, jerawat atau iritasi.

Acid Mantle terdiri dari beberapa komponen seperti Natural Moisturizing Factor, sebum, keringat, dan Natural Oils, dan secara alami memiliki pH asam sekitar 4.7 - 5.7.

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Blewah untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Penuaan Dini!

Untuk menjaga agar Acid Mantle tidak terganggu atau rusak, Wardah memiliki beberapa face wash yang dapat digunakan untuk berbagai jenis dan kebutuhan kulit.

Pentingnya menggunakan face wash tidak hanya sebagai pembersih wajah, namun juga membantu memperkuat sistem skin barrier sehingga lapisan kulit terluar terlindungi dengan baik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: