KSP Beri Dukungan Konsorsium Gerbangtara, Jadi Wadah Kolaborasi Bangun IKN

KSP Beri Dukungan Konsorsium Gerbangtara, Jadi Wadah Kolaborasi Bangun IKN

Kepala Staf Presiden Moeldoko, mendukung Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk mewujudkan ide konsorsium Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara). -Istimewa -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepala Staf Presiden Moeldoko, mendukung Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mewujudkan ide konsorsium Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara). 

Dia mengatakan bahwa konsorsium itu diisi oleh kalangan lintas generasi untuk menyumbang ide untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Gerbangtara adalah sebuah gerakan partisipasi, representasi dan kolaborasi warga negara membangun Ibu Kota Nusantara,” kata Moeldoko, dalam keterangannya, Rabu, 5 Juni 2024. 

BACA JUGA:Dukung Gerbangtara, Menpora Pastikan IKN Selaras dengan Indeks Pembangunan Pemuda

Lewat pertemuan dengan Kepala Staf Presiden, di Komplek Istana Negara, Moeldoko berharap Gerbangtara menjadi mitra strategis pemerintah untuk membangun IKN. 

“Saya harap bukan hanya berhenti di workshop capacity building tapi juga membentuk citizen committee yang inklusif yang bisa jadi mitra strategis pembangunan Ibu Kota Nusantara,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Moeldoko juga melihat ada hal menarik dalam Konsorsium Gerbangtara. Baginya, Gerbangtara membuat pembangunan IKN melibatkan berbagai sektor anak-anak bangsa. 

“Pelibatan lintas sektor penting dilakukan untuk menumbuhkan keterlibatan, kecintaan, dan kebangaan membangun IKN, terutama pembangunan yang melibatkan local champion atau local strongmen di kota-kota mitra IKN,” jelasnya. 

Adapun untuk pembangunan fisik di IKN sendiri, direncanakan akan selesai dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun mendatang. IKN pun menjadi salah satu bagian untuk mewujudkan program Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Minta Beautifikasi Jembatan Pulau Balang, Menteri PUPR: Selesai Sebelum Agustus 2024

“Pembangunan IKN tidak hanya sebulan atau dua bulan berjalan, melainkan perlu waktu yang panjang. Untuk itu perlu digaungkan semangat pembangunan yang melibatkan semua pihak,” ucap Moeldoko. 

Diketahui, Gerbangtara membangun konsorsium pentahelix dalam membangun SDM masyarakat IKN. Diketahui, dalam konsep pentahelix, terdapat kolaborasi antar lima unsur subjek yaitu akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, dan media. 

Aie Natasha selaku koordinator Konsorsium Gerbangtara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Dia berharap Konsorsium Gerbangtara menjadi momentum untuk membangun Indonesia melalui IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: