Minta Beautifikasi Jembatan Pulau Balang, Menteri PUPR: Selesai Sebelum Agustus 2024

Minta Beautifikasi Jembatan Pulau Balang, Menteri PUPR: Selesai Sebelum Agustus 2024

Minta Beautifikasi Jembatan Pulau Balang, Menteri PUPR: Selesai Sebelum Agustus 2024-dok PUPR-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar pekerjaan beautifikasi Jembatan Pulau Balang bisa selesai sebelum Agustus 2024. 

“Saya minta agar dipastikan proses pengecatan jembatan dan tata cahayanya diselesaikan sebelum Agustus,” ucap Menteri Basuki dikutip pada Rabu, 5 Juni 2024. 

BACA JUGA:Usai Diangkat Jadi Plt Otorita IKN, Ini Tugas dari Menteri PUPR Basuki

BACA JUGA:Bambang Susantono Mundur dari Kepala Otorita IKN, Menteri PUPR Jadi Penggantinya

Menteri Basuki dan rombongan juga meninjau pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara yang menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

Adapun jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau, sehingga nantinya tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33. 

Kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. 

Jaringan jalan tol untuk akses IKN Nusantara diharapkan dapat fungsional sebelum pelaksanaan upacara pada 17 Agustus 2024 di IKN. 

BACA JUGA:Cegah Korupsi, Komite Tapera Dibentuk, Diketuai Kementerian PUPR

BACA JUGA:Tanggapi Gaji Pekerja Dipotong untuk Tapera, Menteri PUPR Pastikan Uangnya Tak Akan Hilang

Pembangunan jalan Tol IKN Nusantara saat ini sedang berjalan terdiri dari tiga seksi yakni Tol 3A Karang Joang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km progres 77,59%, Tol 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km progres 86,09%, dan Tol 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6.7 km progres 83,62%. 

Dalam meningkatkan konektivitas ke IKN Nusantara, Kementerian PUPR juga membangun duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek berada sekitar 500 meter dari Jembatan Pulau Balang bentang panjang. 

Jembatan ini dibangun sejak Januari 2024 berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 512 meter progresnya mencapai 79,87%. 

Konstruksi jembatan dibiayai APBN tahun jamak 2023-2024 senilai Rp498 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: