Indonesia Miner 2024 Ungkap Proyeksi Masa Depan Industri Pertambangan RI

Indonesia Miner 2024 Ungkap Proyeksi Masa Depan Industri Pertambangan RI

Indonesia Miner 2024 mengungkap proyeksi industri pertambangan RI--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – Indonesia merupakan salah satu produsen tambang terbesar di dunia, dengan potensi cadangan mineral yang sangat tinggi serta beragam potensi lain yang tidak terbatas.

Mengingat potensi ini, mengangkat Indonesia sebagai pemimpin regional di industri pertambangan di masa depan bukanlah hal yang baru.

Indonesia juga memainkan peran penting dalam mendorong penerapan prinsip-prinsip pertambangan berkelanjutan.

BACA JUGA:Dorong Bisnis Pertambangan di Indonesia, Kemendag Berlakukan Relaksasi Ekspor Produk Pertambangan

Industri pertambangan terus mengalami transformasi demi mencapai visi praktik pertambangan yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan.

Dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juni di Jakarta, Indonesia, Indonesia Miner menjadi platform utama bagi komunitas pertambangan Indonesia dan global untuk berkumpul.

Acara ini memfasilitasi diskusi strategis di sektor metal, batu bara, dan mineral lainnya, termasuk EV battery.

Indonesia Miner juga menghadirkan berbagai fitur acara yang dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi antara para delegasi, lebih dari konferensi dan pameran.

Di antaranya adalah Technical Workshops, Miners Talk, dan Networking Functions.

BACA JUGA:Pakar Hukum Pertambangan: Dakwaan Helmut Hermawan Tidak Sesuai Prinsip Una Via dan Asas Ultimum Remedium

Dengan dukungan dari lebih dari 20 perusahaan terkemuka sebagai sponsor, serta 10 asosiasi industri, acara ini berhasil menarik lebih dari 1,200 delegasi, 60+ pembicara, dan 30+ exhibitor.

Para partisipan aktif terlibat dalam berbagai wacana yang bertujuan untuk memajukan Indonesia sebagai pemimpin regional di sektor pertambangan.

Dewasa ini, sektor pertambangan terus mengalami transformasi demi mencapai visi praktik pertambangan yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Cek Fluktuasi Harga Patokan Ekspor Produk Pertambangan Mei 2023, Alami Peningkatan?

Meskipun teknologi, proses, dan model bisnis terbaru menjadi faktor kunci dalam pencapaian tujuan ini, namun kolaborasi strategis juga menjadi elemen krusial. 

Inilah latar belakang Indonesia Miner kembali hadir di tahun keempatnya, dengan mengusung tema Mempercepat Laju Industri Pertambangan - Perubahan yang Mendorong Kita Maju.

Acara ini mencakup tiga sektor utama: Gold & Copper and other minerals, Nickel & EV Battery, dan Coal & Energy Transition. Tema-tema ini disajikan melalui berbagai fitur acara, seperti konferensi, pameran, networking functions, workshop, Miners Talk, dan Face of Indonesia Miner, yang memungkinkan para delegasi untuk memperluas jaringan profesional dan mendiskusikan tren terkini dalam industri pertambangan.

BACA JUGA:Setuju dengan Ucapan Abraham Samad, Mahfud MD: Korupsi Sektor Pertambangan Memang Luar Biasa!

"Melihat potensi sektor pertambangan Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional, Indonesia Miner tahun ini berkomitmen untuk menyediakan platform yang mendukung kolaborasi stratejik antara para pemangku kepentingan untuk mencapai potensi maksimal sektor ini. Selain pameran dan konferensi yang memperkenalkan teknologi dan ide-ide terbaru, kami juga menyelenggarakan sejumlah workshop dan diskusi tambahan yang memungkinkan para delegasi untuk mendalami topik-topik terkini di industri pertambangan,” kata Dimas Abdillah, Director of Indonesia Miner.

Turut hadir untuk meresmikan acara ini adalah Dr. Lana Saria, Senior Advisor for Natural Resources Economics, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Indonesia. 

Indonesia Miner mendapat dukungan dari berbagai asosiasi industri dan disponsori oleh lebih dari 30 perusahaan terkemuka. Pada acara tahun ini, Thiess, Coolon, Metso, dan Nickel Industries bergabung sebagai sponsor platinum Indonesia Miner 2024.

BACA JUGA:Setuju dengan Ucapan Abraham Samad, Mahfud MD: Korupsi Sektor Pertambangan Memang Luar Biasa!

Mereka berkolaborasi dengan komite Indonesia Miner untuk menyambut lebih dari 1,200 delegasi dari 20+ negara.

Pada acara tahun ini, Indonesia Miner kembali menghadirkan segmen bergengsinya, Face of Indonesia Miner.

Segmen ini memberi kesempatan kepada seluruh delegasi untuk merayakan pencapaian dan kontribusi luar biasa dari individu-individu yang telah membawa inovasi dan komitmen tinggi bagi sektor pertambangan Indonesia.

Melalui proses nominasi yang melibatkan berbagai pihak di industri ini, delapan sosok berpengaruh telah terpilih dan dinobatkan sebagai Face of Indonesia Miner. Inilah delapan tokoh inspiratif yang telah memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan pertambangan di Indonesia:

BACA JUGA:Abu-abu di Sidang Perdana Helmut Hermawan dalam Dugaan Korupsi Pertambangan PT CLM, MAKI: Cacat Hukum!

1.           Raden Sukhyar

2.           Febriany Eddy

3.           Retno Nartani

4.           Irma Kurniawati

5.           Henny Dwi Purnamasari

6.           STJ Budi Santoso

7.           Rochman Alamsjah

8.           Haykal Hubeis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: