Besok Sidang Isbat Idul Adha 2024, Kemenag Ungkap Pantauan Hilal di 114 Titik

Besok Sidang Isbat Idul Adha 2024, Kemenag Ungkap Pantauan Hilal di 114 Titik

5 Amalan sunha sebelum shalat Idul Adha 2024.-Foto/Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan jika ada 114 titik pemantauan hilal atau bulan baru di seluruh wilayah Indonesia untuk penetapan awal bulan Dzulhijjah 1445 H dan sekaligus penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Adha pada Jumat, 7 Juni 2024.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menyampaikan bahwa pemantauan hilal ini dilakukan oleh jajaran Kemenag di daerah dan bekerja sama dengan organisasi serta instansi terkait.

"Pelaksanaan pemantauan hilal dilakukan di 114 titik lokasi di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Sidang Isbat Idul Adha Digelar 7 Juni 2024, Kemenag Sebut Ada Potensi Lebaran Bareng

BACA JUGA:Merangkul Semangat Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri dan MAI Luncurkan Fitur Kurban di Livin’ Sukha

Pelaksanaan tersebut akan dilakukan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam, serta instansi lain setempat," kata Adib.

Kemudian, Adib juga menambahkan saat pemantauan, ketingggian hilal di semua wilayah Indonesia berada di atas ufuk yang berkisar antara 7°15,82 (tujuh derajat lima belas koma delapan puluh dua menit) hingga 10°41,09 (sepuluh derajat empat puluh satu koma sembilan menit.

Lalu, untuk sudut elongasi berkisar antara  11°34,83 (sebelas derajat tiga puluh empat koma delapan puluh tiga menit) hingga 13°14,47 (tiga belas derajat empat belas koma empat puluh tujuh menit).

Tak hanya itu, Adib juga melanjutkan untuk hasil pemantauan tadi akan dimusyawarahkan di dalam sidang isbat awal Dzulhijjah 1445 H yang diselenggarakan pada besok Jumat, 7 Juni 2024.

Yang mana, sidang isbat ini adalah suatu wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait untuk mengambil keputusan yang hasilnya diharap bisa dilaksanakan bersama-sama.

BACA JUGA:Link Twibbon Hari Raya Idul Adha 2024 Gratis dengan Desain Unik, Cocok Dijadikan Foto Profil Medsos!

BACA JUGA:Kapan Lebaran Idul Adha 2024 Dilaksanakan? Cek Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Sebagai informasi, sidang isbat tersebut akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Thamrin, Jakarta.

Sidang isbat penetapan awal Dzulhijjah dan Hari Raya Idul Adha ini akan dihadiri sejumlah duta-duata negara sahabat, Mahkamah agung, Ketua Komisi VII DPR RI, MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: