133 Hari Jelang Berakhirnya Kepemimpinan, Jokowi Ingatkan Pentingnya Reboisasi IKN

133 Hari Jelang Berakhirnya Kepemimpinan, Jokowi Ingatkan Pentingnya Reboisasi IKN

Jokowi perwakilan negara sahabat dan pemimpin lembaga internasional meninjau Persemaian Mentawir --Instagram Jokowi

JAKARTA, DISWAY.ID - 133 hari menjelang berakhirnya kepemimpinan dan masa tugas, Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya penghijauan. 

Hal itu ditulis melalui caption Instagram salah satunya menyoroti penghijauan Ibukota Nusantara (IKN). 

Salah satu yang disorot Jokowi adalah peresmian persemaian Mentawir. 

BACA JUGA:Jokowi & Prabowo Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Ma'ruf & Gibran di Jakarta

“Mengajak perwakilan negara sahabat dan pemimpin lembaga internasional meninjau Persemaian Mentawir setelah peresmian. Mereka terkesan dengan upaya reboisasi berbasis keanekaragaman pohon di IKN. Persemaian Mentawir memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung hingga 15 juga bibit tanaman per tahun, yang memungkinkan Indonesia untuk merehabilitasi hutan yang sudah rusak dan mereklamasi bekas tambang dengan efisien. Inisiatif ini adalah langkah penting untuk masa depan hijau,” tulisnya. 

Dikutip dari laman Setkab RI, Presiden Joko Widodo meresmikan Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 4 Juni 2024. Menurut Jokowi, peresmian tersebut merupakan sebuah langkah penting dalam upaya pemerintah melakukan rehabilitasi hutan dan penanaman kembali di Indonesia.

Jokowi juga menekankan pentingnya persemaian sebagai landasan untuk menghijaukan kembali Ibu Kota Nusantara (IKN) serta wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya.

BACA JUGA:Otorita IKN dan Pemerintah Daerah PPU Sepakat dalam Perjanjian Hibah BMD

Joko Widodo menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah memulai kegiatan penghijauan Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden menilai langkah tersebut adalah untuk membangun hutan hujan tropis di IKN dengan tanaman yang beragam.

Demikian disampaikan oleh Presiden dalam keterangannya usai melakukan penanaman pohon bersama dengan masyarakat dan siswa sekolah di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Rabu, 20 Desember 2023.

BACA JUGA:Jokowi Minta Optimalkan Energi Hijau di IKN Jelang 136 Hari Berakhirnya Pemerintahan

“Yang kedua tadi dan yang ketiga ini adalah dalam rangka membangun kembali reforestasi, penghutanan kembali, penghijauan kembali dalam rangka kita mendapatkan tropical rain forest, dari monokultur menjadi tropical rain forest, dari hanya eucalyptus jadi bermacam-macam jenis pohon, jenis tanaman yang kita tanam seperti yang sekarang kita lihat,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: