Daftar Wilayah Terdampak dan Jadwal Kemunculan La Nina 2024 di Indonesia, Waspada Kalimantan, Sulawesi, dan Papua di Bulan Juni

Daftar Wilayah Terdampak dan Jadwal Kemunculan La Nina 2024 di Indonesia, Waspada Kalimantan, Sulawesi, dan Papua di Bulan Juni

Wilayah yang terdampak dan jadwal kemunculan fenomena La Nina 2024 di Indonesia,-- vecstock/Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Berikut daftar wilayah yang terdampak dan jadwal datangnya gelombang La Nina 2024 di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah membocorkan jadwal kedatangan fenomena gelombang La Nina di sejumlah wilayah Indonesia tahun 2024.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia diprediksi akan kembali menghadapi anomali iklim La Nina pada pertengahan tahun 2024 usai hampir setahun dilanda El Nino.

BACA JUGA:WASPADA! Ini 5 Dampak Badai La Nina yang Segera Menghantam Indonesia di Pertengahan Tahun 2024

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) ancaman badai besar La Nina menyebabkan kondisi cuaca Indonesia akan cenderung lebih dingin pada akhir tahun 2024 jika dibandingkan dengan kondisi saat ini dan beberapa bulan terakhir.

Biasanya, La Nina membawa curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan banjir dan badai tropis di berbagai wilayah Indonesia.

Saat terjadi fenomena La Nina, maka hembusan angin pasat dari Pasifik timur ke arah barat sepanjang ekuator menjadi lebih kuat dari biasanya.

Angin pasat yang menguat ini mendorong massa air laut ke arah barat. Sehingga, di Pasifik timur suhu muka laut menjadi lebih dingin.

Bagi Indonesia, kondisi ini dapat memicu terjadinya risiko banjir yang lebih tinggi, suhu udara yang lebih rendah di siang hari, dan lebih banyak badai tropis.

BACA JUGA:BMKG Bocorkan Jadwal Datangnya La Nina, Dampak Anomali Iklim Global Samudera Pasifik Semakin Jelas!

Fenomena La Nina akan lebih memicu intensitas badai yang berpotensi naik sampai membuat masalah dalam hal kerugian ekonomi.

Kondisi ini bagi Indonesia sebagai negara agraris akan sangat merasa kerugian.

Kemunculannya bagi para petani dan nelayan menjadi sangat was-was karena berpotensi menggagalkan panen.

Dampak La Nina di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: