2.086 Hektare Lahan Bermasalah di IKN, Begini Penjelasan AHY

2.086 Hektare Lahan Bermasalah di IKN, Begini Penjelasan AHY

Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membenarkan jika terdapat 2.086 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang masih bermasalah dan belum dibereskan.

"Memang ada 2.086 hektare yang dinyatakan masih belum clean and clear kalau bagi BPN itu sederhana prinsipnya adalah ketika lahan itu udah clean and clear baru kita bisa berikan sertifikat, nah memang ada sebagian, tidak semua dari 2.086 hektare itu yang diduduki oleh masyarakat," ujar AHY, Rabu, 12 Juni 2024.

BACA JUGA:China Kembali Dapatkan Tawaran Investasi di Indonesia, Kali Ini Transportasi di Kota Bandung dan IKN

Ia mengatakan proses pembebasan tanah seluas 2.086 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini masih dalam proses finalisasi.

Ketua Umum Partai Demokrat itu kemudian menjelaskan, bahwa saat ini pemerintah sudah menghadirkan solusi lewat Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) Plus.

BACA JUGA:5 Restoran Ini Bisa Jawab Jokowi saat Bingung Cari Tempat Makan di IKN, Apa Saja?

Dalam hal ini, ia menuturkan bahwa pemerintah sedang mendiskusikan dan melakukan finalisasi terkait rincian ganti rugi yang akan diterima oleh masyarakat di IKN.

"Karena pada akhirnya, tentunya tidak bisa kita berharap masyarakat bergeser dengan sendirinya sebelum diberikan kompensasi atau relokasi yang baik sehingga mereka bisa hidup dengan baik, dengan tenang dan tidak menjadi korban, dan ini terus kami bicarakan," ucap dia.

BACA JUGA:Mobilitas di Armuzna Tinggi, Jamaah Haji Sebaiknya Bawa Tas yang Fleksibel

"Kemudian nanti dikoordinasikan di tingkat pusat maupun daerah sampai dengan tim terpadu yang bisa untuk mengeksekusi karena pada akhirnya tentunya tidak bisa kita berharap masyarakat bergeser dengan sendirinya," tambahnya.

Dikutip dari laman resmi Setkab RI, pembangunan IKN terus dikebut.

BACA JUGA:Luhut Ungkap Hutang Indonesia Masih Aman: Bisa Bangun IKN hingga Biayai Program Makan Bergizi

Infrastruktur dasar seperti air bersih dan jalan tol ditargetkan rampung pada pertengahan 2024.

Nilai investasi di IKN sudah mendekati Rp49,6 triliun dengan puluhan institusi yang telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: