China Kembali Dapatkan Tawaran Investasi di Indonesia, Kali Ini Transportasi di Kota Bandung dan IKN

China Kembali Dapatkan Tawaran Investasi di Indonesia, Kali Ini Transportasi di Kota Bandung dan IKN

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menawarkan untuk pengembangan kereta api (KA) Perkotaan Bandung, KA Bandara, serta KA perkotaan IKN. -DJKA-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menawarkan untuk pengembangan kereta api (KA) Perkotaan Bandung, KA Bandara, serta KA perkotaan IKN

Hal ini disampaikan DJKA dalam forum dan pameran 17th Shanghai International Exhibition of Intercity and Urban Mass, Rail+Metro China 2024. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan bahwa ketiga proyek tersebut merupakan bagian dari Rencana Strategis DJKA 2024-2029. 

BACA JUGA:Tentara Israel Penghancur Ratusan Rumah di Gaza Tewas Bunuh Diri, Depresi dan Dicuekin Pemerintah

BACA JUGA:Komandan Pasukan Israel Tewas dalam Operasi Arnon Pembebasan Sandera di Nuseirat

"Dalam mewujudkan target pada Renstra berikutnya, kami membuka peluang bagi Bapak atau Ibu untuk bersama-sama memaksimalkan pembangunan sektor perkeretaapian Indonesia, termasuk tiga proyek dengan potensi ekonomi tinggi tersebut,” ungkap Risal. 

Ia menjelaskan, KA Perkotaan Bandung dipilih menjadi salah satu proyek yang ditawarkan mengingat perannya yang sangat strategis. 

Dalam hal ini, Risal menjelaskan, proyek KA perkotaan Bandung diproyeksikan akan memiliki rasio pengembalian investasi (Investment Return Rate) sebesar 11.9 persen dan didukung dengan viability gap fund sebesar 49 persen. 

BACA JUGA: Juventus Mengalami 3 Musim Terburuk di Liga Serie A, Incar 5 Pemain untuk Revolusi Skuad Bianconeri

BACA JUGA:Hari Ini! Link Streaming Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Tayang di Indosiar, SCTV, dan Vidio Pukul 19.30 WIB

Kemudian, soal pengembangan transportasi kereta api di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Risal menyebutkan saat ini masih terdapat dua rencana proyek yang masih terbuka untuk kerjasama investasi. 

Kedua proyek tersebut mencakup KA Bandara Sepinggan - IKN, serta KA Perkotaan IKN yang akan melayani masyarakat di kawasan tersebut. 

“Sementara jalur KA Perkotaan IKN diharapkan dapat menghubungkan kawasan ibu kota baru ini dengan kota-kota sekitarnya seperti Balikpapan sehingga memudahkan mobilitas masyarakat di antara kedua kota tersebut,” sambung Risal. 

BACA JUGA:Pahala Nainggolan Ungkap Kriteria Calon Pimpinan KPK, Integritas yang Utama!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: