Menpora Gagas Klub Berkawan, Wadahi Pemuda Intekektual dan Berwawasan Luas

Menpora Gagas Klub Berkawan, Wadahi Pemuda Intekektual dan Berwawasan Luas

Kemenpora Gelar Forum Pemimpin Muda Melalui Klub Berkawan Chapter Kota Bogor.-Istimewa -

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggagas Klub Berkawan sebagai wadah bagi para pemuda.

Hal itu disampaikan dalam forum pemimpin muda melalui klub berkawan chapter Kota Bogor di Royal Hotel, Jawa Barat, Jum'at, 14 Juni 2024 siang.

Pada forum Pemimpin Muda tersebut, Kemenpora turut mendorong pembangunan sosial dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dengan melakukan Klub Bersama Cendikiawan (Berkawan). 

BACA JUGA:Menpora Dito Memberikan Beasiswa Atlet Peraih Medali ASG 2024

Lebih lanjut, forum diskusi tersebut dibuka langsung oleh Stafsus Menpora Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati.

Dia pun menjelaskan terkait SDGs.

Adapun SDGs sendiri, kata Hasintya Saraswati, merupakan kesepakatan global dan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam hal ini, diartikan bahwa Kemenpora berkepentingan untuk menyasar peningkatan partisipasi kaum muda.

BACA JUGA:Menpora Dito Optimis Bulu Tangkis Indonesia Raih Medali Olimpiade Paris 2024

"Perlu diketahui saya sudah 14 bulan mendampingi Mas Menteri yang memang fokus bagaimana membangun kepemudaan khususnya partisipasi pemuda," kata Hasintya Saraswati

Hasintya Saraswati pun berharap melalui Klub Berkawan, para pemuda tidak hanya sekedar berkumpul, ngobrol, bercengkrama, namun juga ada nilai tambah secara wawasan dan intelektual karena akan mendapatkan shering pengalaman berbagai tokoh cendikia.

"Klub Berkawan ini merupakan gagasan Mas Menteri, yang kata wan-nya bisa aneka arti, bisa cendikiawan, olahragawan, pemudawan dan lain sebagainya. Intinya berkumpulnya pemuda harus ada nilai tambah secara wawasan dan intelektual," kata intelektual muda asli Kota Hujan ini.

BACA JUGA:Menpora Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelumnya Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Andi Susanto melaporkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara reguler dan saat ini chapter Kota Bogor.

"Kami laporkan bahwa kali ini forum diskusi sebagai mana tempatnya merupakan Klub Berkawan Chapter Kota Bogor. Disini hadir berbagai kalangan pemuda yang memang sudah berperan sebagai pemimpin dibidangnya masing-masing," kata Andi Susanto.

"Diharapkan IPP khususnya partisipasi pemuda di Kota Bogor, yang terus mendongkrak Jawa Barat dan akhirnya secara nasional," sambungnya.

BACA JUGA:Menpora Dito Ariotedjo Punya Cara Gembleng Pembalap Indonesia untuk Kejuaraan AWC

Di sisi lain, Kadispora Kota Bogor Taufik menyampaikan rasa terima kasihnya lantaran Kota Bogor telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembinaan dunia pemuda hingga olahraga.

"Terima kasih kepada Kemenpora yang mempercayai Kota Bogor terus meningkatkan pembinaan pemuda dan olahraga," kata Taufik.

"Kemarin ada tarkam dan sekarang ada forum pemuda. Semoga pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Kota Bogor terus berkembang," tambahnya.

Klub Berkawan ini diikuti oleh para pemuda Kota Bogor dan sekitarnya hingga Sabtu, 15 Juni 2024 dan diharapkan pada kegiatan tersebut bisa memunculkan pemimpin baru yang bisa merambah ke nasional dan internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: