Menteri ATR/BPN AHY Ajukan Penambahan Anggaran untuk Program 2025

Menteri ATR/BPN AHY Ajukan Penambahan Anggaran untuk Program 2025

Menteri ATR/BPN AHY Ajukan Penambahan Anggaran untuk Program 2025-dok.Kementerian ATR/BPN-

BALI, DISWAY.ID -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengungkapkan, harapannya terhadap penambahan pagu anggaran untuk mendukung program kerja pada periode 2025. 

Pernyataan ini merespons dukungan dari Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang, yang menyetujui peningkatan anggaran hingga mencapai Rp14 triliun.

"Dukungan dari DPR, terutama dari Komisi II, memberikan dorongan untuk kami mengusulkan peningkatan anggaran," ujar AHY kepada wartawan di Bali, Sabtu 15 Juni 2024.

BACA JUGA:Sinergitas Ulama-Umara, Panglima TNI Terima Hasil Ijtima Komisi Fatwa MUI Soal Palestina dan Salam Lintas Agama

BACA JUGA:Ombudsman RI Minta Pekerja yang Dirugikan Dana Tapera Segera Lapor

AHY menjelaskan bahwa permohonan peningkatan anggaran ini menjadi penting karena terjadi penurunan dari anggaran tahun sebelumnya. 

ATR/BPN hanya dialokasikan Rp6,5 triliun untuk tahun 2025, lebih rendah Rp800 miliar dari periode sebelumnya.

"Tentu kami berharap ada tambahan sehingga bisa mencukupi kebutuhan program yang sedang kami jalankan," tambah AHY.

Menurut AHY, capaian target reforma agraria yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, seperti pendaftaran 126 juta bidang tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), membutuhkan dana yang signifikan.

"Sangat diperlukan untuk mencapai target-target PTSL dan upaya redistribusi serta konsolidasi tanah," jelasnya.

BACA JUGA:KPK Dalami Kepemilikan dan Perolehan Harta Milik Eks Kepala Bea Cukai Makassar

BACA JUGA:Kritik Pedas Anies saat MA Ubah Syarat Usia Cagub: Main Catur Aturannya Diubah Ya Repot!

Sementara itu, junimart Girsang dari Komisi II DPR menegaskan bahwa komisi tersebut akan mendukung usulan peningkatan anggaran ATR/BPN hingga Rp14 triliun dengan mendorongnya kepada Kementerian Keuangan.

"Kami akan melakukan manuver agar anggaran tersebut dapat dievaluasi dan dinaikkan, demi mendukung kerja-kerja ATR/BPN yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat," ungkap Junimart.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: