Jumlah Hewan Kurban di Depok Diperkirakan Capai 32 Ribu

Jumlah Hewan Kurban di Depok Diperkirakan Capai 32 Ribu

Masyarakat antusias melakukan pemotongan hewan kurban di Depok.-Bianca-

JAKARTA, DISWAY.ID--  Masyarakat Kota Depok, Jawa Barat, yang melaksanakan ibadah pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini terbilang banyak.

Demikian tersebut terlihat pada Senin 17 Juni 2024 kemarin, diperkirakan jumlah hewan kurban dari masyarakat mencapai sebanyak 32 ribu ekor.

Jumlah hewan kurban sebanyak itu terdiri dari sapi dan kambing.

BACA JUGA:Jamarat Padat, Petugas Haji Siap Badalkan Lontar Jumrah Jamaaah Lansia

Menurut keterangan resmi dari Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, jumlah tersebut didapat saat sedang melakukan monitoring penyembelihan hewan kurban di Depok.

Imam juga memperkirakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah.

"Sebanyak 32 ribu hewan kurban yang dikurbankan. Total transaksi diperkirakan Rp289 miliar," ujar Imam.

Selain itu, menurut Imam, Pemerintah Kota Depok juga menyalurkan hewan kurban jenis sapi ke masyarakat kota tersebut sebanyak empat ekor. Imam juga berharap bagi warga Depok yang berkurban juga diterima persembahan hewan kurbannya dan dagingnya bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

"Ada empat hewan kurban jenis sapi. Kita potong di RPH sisanya kami sebar di Kota Depok. Pribadi saya sekitar 20 sapi dan 3 kambing disebar ke warga yang membutuhkan. Harapannya bisa berbagi dengan masyarakat dan ustadz, dan warga yang belum berkurban," Jelas Imam.

BACA JUGA:Semangat Juara Berkurban, 14 Ton Hewan Kurban Disebar untuk Driver Ojol Hingga Panti Asuhan dan Masjid

Dalam Hari Raya Idul Adha ini, sudah dipastikan bahwa tidak ada hewan kurban yang terkena penyakit mulut kaki (PMK), termasuk juga antraks. Sehingga pembeli hewan kurban di Depok bisa aman membeli hewan di lapak yang ada.

"Nggak ada (PMK), apalagi antraks Alhamdulillah nggak ada ya. Jadi konsumen kota Depok amanlah kurban pada tahun ini," Ujar Imam.

Sementara itu dari pantauan di salah satu masjid di depok yakni masjid Tamansari Puri Bali Kurban tahun 2024 ini sebanyak 6 ekor sapi, dan 101 ekor domba.

Menurut Ketua Panitia Kurban H. Anas, ada penurunan di jumlah Kurban sapi, tetapi ada kenaikan di jumlah Kurban domba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: