Mengenal Pentingnya Gastronomi, Pilih Bahan Pangan Secara Bijak Demi Kurangi Limbah Makanan

Mengenal Pentingnya Gastronomi, Pilih Bahan Pangan Secara Bijak Demi Kurangi Limbah Makanan

Seruan IGC untuk mengedukasi pentingnya gastronomi dan kurangi limbah pangan--Istimewa

Misalnya menyelenggarakan Festival Gastronomi yang menampilkan hidangan dari bahan-bahan lokal untuk mendukung peningkatkan kesadaran masyarakat akan kekayaan bahan pangan lokal dan mendorong konsumsi produk-produk lokal.

3. Pengembangan Resep dan Menu

Berkelanjutan, melalui kerja sama dengan para chef dan ahli kuliner untuk mengembangkan resep dan menu yang menggunakan bahan-bahan lokal dan berkelanjutan dengan melakukan:

• Riset dan Inovasi: Melakukan penelitian untuk menemukan cara-cara baru dalam mengolah bahan pangan lokal sehingga menjadi hidangan yang menarik dan bergizi. Inovasi ini sering kali melibatkan penggabungan teknik memasak tradisional dengan teknologi modern.

• Publikasi dan Media Sosial: Mempublikasikan resep-resep berkelanjutan melalui buku, artikel, media sosial, dan media lainnya untuk menyebarkan informasi dan menginspirasi masyarakat untuk mencoba bahan-bahan lokal di rumah.

BACA JUGA:Mengenal Strategi Diplomasi Gastronomi, Deal dengan Negara Lain Berkat Gala Dinner

4. Mendukung Pariwisata Gastronomi Berkelanjutan 

• Petualangan Gastronomi Indonesia: Menyelenggarakan tur dan perjalanan wisata komunitas ke destinasi gastronomi dan mengajak anggota lintas komunitas untuk menjelajahi dan merasakan masakan tradisional Indonesia yang berkelanjutan.

• Business Matching: Mengorganisir business matching secara menarik agar para UMKM dibidang gastronomi mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan investor.

5. Kampanye Pengurangan Limbah Pangan 

• Kampanye Anti Limbah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengurangi limbah makanan. Kampanye ini bisa berupa penyuluhan, publikasi, dan kolaborasi dengan restoran untuk mengimplementasikan praktik pengelolaan limbah yang efektif.

• Redistribusi Makanan melalui sama dengan organisasi nirlaba untuk mendistribusikan makanan berlebih kepada yang membutuhkan

6. Mempromosikan Kebijakan dan Advokasi

Sebagai bagian dari komitmen IGC dibidang advokasi dan diplomasi terhadap gastronomi berkelanjutan, IGC juga terlibat dalam advokasi untuk mempengaruhi kebijakan publik:

• Kolaborasi dengan Pemerintah: Bekerja sama dengan pemerintah produksi pangan lokal, dan pengurangan limbah makanan serta Partisipasi dalam Forum Internasional: Mengambil bagian dalam forum dan konferensi internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: