Pendaftaran Balon Rektor UI Masih Dibuka Hingga 3 Agustus 2024, Syaratnya Minimal Doktor dan Bukan Anggota Parpol

Pendaftaran Balon Rektor UI Masih Dibuka Hingga 3 Agustus 2024, Syaratnya Minimal Doktor dan Bukan Anggota Parpol

Pendaftaran Balon Rektor UI dibuka hingga 3 Agustus 2024--UI

Proses pemilihan rektor UI dilakukan dalam lima tahapan, yakni penjaringan, penyaringan, pemungutan suara, penetapan, dan pelantikan.

Keima tahapan ini akan dijalankan oleh Pansus Pilrek yang dibentuk oleh MWA; serta P3CR, yaitu panitia ad hoc yang dibentuk oleh Pansus Pilrek dengan anggotanya berasal dari warga UI dan masyarakat.

Prof. Bambang Wibawarta mengatakan bahwa dalam proses Pemilihan Rektor UI, tugas dari pansus adalah memilih anggota P3CR.

“Tim P3CR yang dibentuk memiliki 13 anggota yang terdiri atas 7 dosen, 2 tenaga kependidikan, 2 masyarakat/alumni, dan 2 mahasiswa. Tim ini tidak hanya menunggu siapa yang mendaftar, tetapi juga secara aktif menyosialisasikan dan mencari calon-calon terbaik untuk dapat mendaftar sebagai Calon Rektor UI periode 2024–2029,” ujarnya.

BACA JUGA:Nama Khansa Nadya Fakhira Mendadak Viral Usai Lolos Masuk Universitas Indonesia, Tapi Endingnya Bikin Mewek

Anggota P3CR yang merupakan dosen UI, antara lain Sigit Pranowo Hadiwardoyo (Fakultas

Teknik/FT), Hening Pujasari (Fakultas Ilmu Keperawatan/FIK), Albert Patrick Roring (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya/FIB), Yogi Prawira (Fakultas Kedokteran/FK), Freddy Harris (Fakultas Hukum/FH), Wachyu Sulistiadi (Fakultas Kesehatan Masyarakat/FKM), dan Rizal E. Halim (Fakultas Ekonomi Bisnis/FEB). Adapun dari tenaga kependidikan terdiri atas Abidin Eko Priyono (Sekolah Kajian Stratejik dan Global/SKSG) dan Rintis Dosie Swastika (FEB).

Sementara, dari kalangan masyarakat anggota P3CR meliputi Arief Budhy Hardono (Kantor Staf Presiden) dan Harris Susanto (PT Luas Birus Utama), sedangkan dari unsur mahasiswa adalah Alivanza Firdaus Rhufyano (S1) dan Muhammad Ali Mahdi (mahasiswa pascasarjana).

Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA , menyatakan bahwa dalam proses pemilihan Rektor UI, Tim P3CR akan menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab.

Tim bertugas melakukan penelusuran dan penyaringan Calon Rektor melalui publikasi umum dan membuka pendaftaran Calon Rektor.

Jadwal Penjaringan dan Penyaringan akan dirinci dengan memperhatikan jadwal pemilihan rektor yang ditetapkan MWA serta melaksanakan sosialisasi proses pemilihan rektor.

BACA JUGA:Universitas Indonesia Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Prestasi 2022, Simak Ketentuan dan Jadwalnya

“Seluruh proses Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Rektor yang dilakukan oleh P3CR didasarkan pada persyaratan Calon Rektor terjaring dan persyaratan Calon Rektor tersaring. Seluruh proses ini akan disampaikan kepada Pansus Pilrek melalui laporan pertanggungjawaban,” ujar Prof. Sigit.

Sosialisasi Pemilihan Rektor oleh Tim P3CR kepada sivitas akademika UI dan masyarakat akan dilakukan pada 1–15 Juli 2024. Pada proses Penjaringan, pendaftaran Bakal Calon Rektor UI dibuka pada 15 Juli–3 Agustus 2024. Selanjutnya, pada 5–7 Agustus 2024, dilakukan pengecekan berkas administrasi pendaftar Bakal Calon Rektor.

Nama pendaftar Bakal Calon Rektor yang lolos akan diserahkan kepada Pansus Pilrek pada 8 Agustus 2024, untuk kemudian diumumkan bersama Ketua MWA pada 9 Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: