Fase Pemulangan, 66 Ribu Lebih Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

Fase Pemulangan, 66 Ribu Lebih Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

Fase pemulangan jamaah haji dari Tanah Suci--Kemenag

Di KKHI, menurutnya, inspeksi dan intervensi kesehatan lingkungan fokus pada pengelolaan limbah medis dan pengendalian vektor dan binatang pembawa penyakit dan pemantauan limbah medis hingga pos kesehatan sektor dan pos kesehatan satelit. 

“Di katering, tim juga melakukan IKL terhadap dapur katering penyedia makanan jamaah haji pada tahun ini. IKL dilakukan terhadap 57 dapur katering penyedia makanan jemaah haji,” ujarnya.

Sasaran lainnya dari kegiatan IKL, kata dia, adalah 169 hotel/pemondokan jemaah haji.

BACA JUGA:Curhat Jamaah yang Baru Pulang Tunaikan Ibadah Haji, Singgung Ketersediaan Tenda

IKL terhadap hotel/pemondokan dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi sanitasi dan kesehatan lingkungannya sesuai dengan standar yang berlaku.  

“Setiap hari, tim Sanitasi dan Food Security memperbarui informasi cuaca harian yang meliputi suhu, kelembaban, dan kecepatan angin. Pembaharuan informasi dalam bentuk infografis yang disebarluaskan melalui media komunikasi grup Whatsapp Daker Kesehatan, PPIH Arab Saudi serta semua yang terkait,” ucapnya.

PPIH, terang Widi, kembali mengingatkan jemaah haji untuk mempertimbangan kapasitas koper bagasi dan tas tentengan yang akan dibawa ke pesawat dengan tidak membeli oleh-oleh atau belanja berlebihan. 

“Jamaah dapat mengirim oleh-olehnya melalui jasa ekspedisi atau dapat membeli di Tanah Air. Selama di Kota Madinah, PPIH juga mengimbau jemaah untuk mengindahkan ketentun-ketentuan dan larangan yang berlaku selama berada di Kota Madinah khususnya di area Masjid Nabawi,” pungkasnya.

 BACA JUGA:Takut Dibuang Petugas, Jamaah Rela Tak Bawa Oleh-oleh Sepulang Ibadah Haji

Hari ini, Senin, 1 Juli 2024 terdapat 20 kelompok terbang, dengan jumlah jemaah haji sebanyak 7.708 orang. Mereka telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air, dengan rincian sebagai berikut:

1) Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 786 jamaah/2 kloter;

2) Debarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 jamaah/5 kloter;

3) Debarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 jamaah/4 kloter;

4) Debarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jamaah/1 kloter;

5) Debarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jamaah/1 kloter;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: