Daging Babi

Daging Babi

Kumaila Hakimah saat membahas daging babi.--

SAYA penasaran dengan wanita satu ini: pintar, cerdas, lima i, dan begitu berani melawan arus.

Namanyi: Kumaila Hakimah.

Lihatlah YouTube-nyi yang banyak itu. Anda akan terkaget kaget: tidak berjilbab tidak masuk neraka, soal daging babi, soal masturbasi wanita, soal... lihat sendiri saja.

Mengharamkan daging babi seharusnya tidak relevan di negeri seperti di Tiongkok.

Kumaila pun bercerita mengenai asbabun nuzul-nya. Yakni latar belakang mengapa Islam mengharamkan daging babi. Bahkan, kata Kumaila, babi juga diharamkan oleh agama sebelum Islam. Khususnya agama yang lahir di Timur Tengah seperti Yahudi dan Kristen.

Babi itu, kata Kumala, binatang yang sangat rakus akan air. Ia penyedot air terbanyak. Padahal di tempat lahirnya agama itu sangat sulit mendapat air. Babi membuat binatang lain sengsara. Maka babi dilarang dipelihara. Saking kerasnya larangan itu sampai difatwakan sebagai daging yang haram.

Kumaila heran mengapa haramnya daging babi sampai diilmiah-ilmiahkan: mengandung cacing pita dan kandangnya kotor. Padahal ada binatang yang mengandung penyakit lebih berat dari cacing pita tidak diharamkan. Pun binatang yang lebih kotor dari babi.

Demikian juga soal tidak pakai jilbab. Menurut Kumaila jilbab tidak ada hubungannya dengan neraka. Tidak satu pun ayat Quran, kata Kumaila, yang menghubungkan jilbab dengan neraka.

Kumaila sendiri –duh, cantik sekali wanita ini– tidak pakai jilbab. Lebih tepatnya tidak lagi pakai jilbab. Awalnya terus berjilbab. Sejak remaja. Setelah punya anak mulai buka-tutup. Lalu tidak berjilbab total sejak 2019. Saat itu usianyi 27 tahun.

Kumaila bukan wanita sembarangan. Dia hafal Alquran. Sejak masih umur 12 tahun.

Saya menghubungi Kumaila kemarin. Ia tinggal di Jakarta. Dia hidup dalam keluarga yang sangat religius. Sejak sebelum TK sudah belajar membaca Quran. Lalu Kumaila dimasukkan ke madrasah di Sukabumi, Jabar. Yakni Pesantren As-Syafi'iyah. Kumaila tumbuh remaja di Sukabumi. Sejak SD sampai SMA. Semua dijalani di As-Syafi'iyah.

Ketika tamat SMP Kumaila sempat tidak mau langsung masuk SMA. Kumaila menghabiskan waktu satu tahun mengaji informal di Massaratul Muhtadin, di Banten. Lalu pindah ngaji ke Nihayatul Amal di Karawang. Lalu balik ke Sukabumi untuk menamatkan SMA di As-Syafi'iyah.

Penguasaan ilmu agama Kumaila lebih dalam lagi di perguruan tinggi. Kumaila memilih kuliah di Institut Ilmu Al Quran, Jakarta. Jurusan tafsir Alquran.

Saat kuliah itulah sikap kritis Kumaila atas ajaran agama mulai mendapatkan tempat. Waktu remaja ia menyimpan begitu banyak pertanyaan. Dia tidak berani mengemukakan. Takut dimarahi. Di kuliahlah semua tanda tanya itu dia carikan jawabnya.

Saya pun bertanya pada intelektual Islam seperti Prof Dr Komaruddin Hidayat. Ia rektor Universitas Islam Internasional Indonesia. Juga mantan rektor Universitas Islam Negeri Jakarta.

"Apakah Kumaila sudah masuk dalam radar intelektual Islam di Indonesia?"

"Dia melakukan sebuah pemberontakan dengan penampilan wajah yang cantik, ramah dan pintar. Agama bagi Kumaila telah menyatu dengan budaya," ujar Prof Komaruddin.

"Baru sebatas pemberontak? Belum pemikir Islam?"

"Potential jadi pemikir dengan modal pengetahuan yang dia miliki. Perlu lebih banyak interaksi dengan arus pikiran zaman ağar kian matang dan paradigmatik," ujarnya.

"Sayang kalau sekadar masuk dalam jajaran penceramah selebriti. Dia punya modal jadi pemikir trend setter," tambah Komaruddin.

Saya kembali menghubungi Kumaila. Saya ingin tahu apakah dia putri seorang ulama. Jangan-jangan saya kenal bapaknyi.

Ternyata dia putri Prof Dr Achmad Mubarok. Kumaila enam bersaudara, dia sendiri yang wanita. Sang ayah alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Mulai S-1 sampai S-3.

Prof Mubarok adalah guru besar pertama untuk ilmu psikologi Islam. Ia pernah menjadi dekan fakultas dakwah di almaternya itu.

Tentu saya kenal Prof Mubarok. Almarhum adalah wakil ketua umum Partai Demokrat. Dari intelektual ia pindah jalur ke politik. Jadi anggota DPR dari fraksi partainya.

Mubarok juga seorang yang lebih dekat dengan sufi. Orang sufi lebih terbuka dalam hal hukum Islam, fikih. Ia tidak kaget putrinya punya pemikiran seperti itu.

Kumaila memang cerdas sejak sekolah. Dia sering ikut Olimpiade Sains dan Matematika. Sering juara.

Dia pernah jadi guru ngaji. Juga guru bahasa Arab. Tapi sejak berpisah dengan suami tahun 2020 lalu Kumaila konsentrasi sebagai content creator. Juga menjadi mentor untuk pelajaran logika dan penalaran umum di sebuah perusahaan bimbingan belajar online.

Sesekali, ketika sekolah libur, dia bersama dua anaknyi.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 3 Juli 2024: Pusat Data 

Leong Putu

Wkwkwkwk.... Aat? Gak mungkin lah! Lha wonng mbobol atine cewek ae ra iso, opo meneh data pdns..

Masim "Vavai" Sugianto

Kalau dibilang tidak ada kesulitan, sebenarnya banyak sekali. Dua yang menyangkut hajat hidup orang banyak adalah terganggunya layanan passport dan layanan PPDB. Banyak orang yang sudah persiapan berangkat jadi hangus pesanannya karena passport tidak jadi. Bisa dilihat di website berbagai kantor imigrasi selama beberapa hari kemarin, isinya ramai dengan keluhan dan komplain. Tidak muncul diberita bukan berarti tidak ada masalah. Kedua, pembobolan itu bukan sederhana soal password saja. Jika data NIK, nama, alamat, nama ibu kandung, email, dan berbagai data demografis lainnya bobol, orang bisa menggunakan data-data itu untuk keperluan lain. Saat salah satu data ecommerce bobol, data yang ada bisa digunakan untuk melacak account di aplikasi lain, karena kecenderungan orang menggunakan email, password dan identitas lain yang sama di berbagai aplikasi. Jadi, bobolnya PDNS itu benar-benar fatal, bukan sekedar soal tebusan 8 juta dollar. Mungkin Abah juga bisa dapatkan informasi dari ahli-ahli keamanan siber yang tidak sering muncul di media, jadi bisa mendapat informasi berimbang sekaligus lengkap mengenai bahayanya pembobolan data tersebut, apalagi itu data negara dan dari berbagai instansi.

Sri Wasono Widodo

Saya pernah iseng mencoba "meretas" suatu perusahaan yang cukup besar di Jawa. Saya awali dengan membuat email dengan nama akun sama dengan nama pemilik perusahaan tersebut. Lalu Saya kirim email ke perusahaan tersebut dengan satu kalimat: Mari anak-anakku, bekerja yang baik". Ternyata sejak saat itu mendapat kiriman email laporan keuangan lengkap setiap bulan. Email itu akhirnya sama sekali tidak pernah Saya buka. Hal ini menggambarkan betapa mudahnya "mencuri" informasi perusahaan dari karyawan yang kurang kompeten sehingga membahayakan integritas perusahaan tersebut.

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp jo, bp djoko dan teman2 rusuhwan. teringat awak akan kisah mas wu hanqing. pria lulusan sma yg menjadi tangan kanan jack ma, founder alibaba. dalam proses wawancara lamaran kerja. wu hanqing tidak menjawab saat ditanya, apa keahlian yang dimilikinya. saat itu, wu hanya mengambil laptop. lalu dalam waktu 3 menit bisa membuat semua peralatan routing alibaba mati. jelas saja orang alibaba kagum dengan kemampuannya. wu pun langsung diterima di divisi IT alibaba.

Muh Nursalim

ssst Abah, jangan kasih tahu calon gubernur/bupati n wali kota. Nanti anak muda itu bisa pusing karena para calon nggerudug ke dia. Daripada habis puluhan milyar untuk kampanye leboh praktis nyewa anak muda tersebut. Bisa langsung ngatur. Mau menang berapa persen ?

Liam Then

Kewenangan Menkominfo sepertinya terlalu luas. Sehingga kayaknya kewalahan dan capek. Harus urus data banyak depertemen pemerintah sekaligus jadi regulator bisnis telekomunikasi dan informatika. Di Amerika, data-data kenegaraan yang sensitif, diantaranya data kewarganegaraan, keimigrasian, masuk ranah "Departement of Homeland Security". Sementara bisnis telekomunikasi masuk ranah Departement of Commerce. Bisnis telekomunikasi diatur oleh satu badan spesifik dibawah Departement of Commerce namanya: "The National Telecommunications and Information Administration" - NTIA Nah, yang menarik ini nih, tokoh yang menggawangi NTIA : Alan Davidson. Sedikit terjemahan petikan awal profil Mr.Alan D. "Alan telah menghabiskan 25 tahun terakhir bekerja di persimpangan teknologi Internet, kebijakan publik, dan hukum" Pernah jadi Mozilla's Vice President of Global Policy, Trust and Security, kerja di Google sebagai Lulusan Massachusetts Institute of Technology and the Yale Law School

Beny Arifin

Suatu ketika di ruang interview. HRD : jelaskan kepada kami kenapa kami harus menerima anda bekerja disini. Pelamar : Saya membaca lowongan anda di internet lalu membajak komputer anda dan mengirimlan email ke saya sendiri untuk interview hari ini.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. HACKER 1. Pria muda datang untuk wawancara di sebuah perusahaan IT besar. Posisi yang terbuka adalah "Penyelidik Peretasan Komputer". Bos IT bertanya kepadanya: "Jadi, apa yang membuat Anda merasa layak untuk pekerjaan ini?" "Baiklah," jawab anak muda itu, "saya meretas komputer Bapak dan mengundang diri saya ke wawancara ini."

agus rudi Purnomo

Namanya mungkin Master Jim Geovedi Bos, Pemuda dari Lampung. Yang sekarang tinggal di Inggris Raya, yg bisa mengambil alih satelit tiongkok, yg bisa nangkap perusak situs KPU. Atau Dr. Pratama Dahlian Persadha, beliau sanggup memulihkan server tsb dalam hitungan jam saja. By the way, besok rabu 3 Juli, passwordnya diberikan gratis oleh Stevania Mantiri, gratis kok. Hackernya juga mikir, Kalau tebusan 131 M, dipotong pajak, pph, admin, rapat di bali, rapat di green house pulau dua ribu, entertaint, sawer biduan, operasional, serah terima, termin 1 20%, hackernya dapat 7M saja, sisanya dibayar 3 bulan lagi..., hackernya jg bingung, padahal hanya minta tebusan 1KK$ saja, kenapa jadi 8KK$....LOL, bersyanda...bersyanda pak bos. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

Anggit Wirasto

"Rupanya si pembobol bisa masuk ke situs PDNS. Lalu mengganti password-nya dengan password lain. Kementerian pun tidak bisa lagi mengaksesnya. Password yang ada sudah tidak bisa difungsikan" Sebetulnya info tersebut agak kurang tepat, tapi mudah dipahami awam. Bicara soal ransomware, rasanya lebih tepat digambarkan seperti ini: Anda punya lemari tempat menyimpan banyak hal: sertifikat rumah, ijazah, BPKB kendaran, surat nikah, paspor, atau tetek bengek lain yang mungkin kurang berharga: surat menyurat dengan mantan semasa SMA, kuitansi pembayaran short-time di hotel, dan lain sebagainya. Suatu ketika saat Anda sedang tidur ada yang diam-diam membuka lemari tersebut, lalu semua isinya -- baik yang sangat berharga maupun hal remeh temeh -- dimasukkan orang tersebut ke sebuah kotak besi yang ia siapkan. Lalu kotak besi itu digembok dan dirantai secara berlapis-lapis, kuncinya dibawa si penyusup. Saat tertidur itu rupanya Anda bermimpi tentang mantan, dan ketika terbangun tiba-tiba Anda merasa kangen yang luar biasa. Lalu Anda berniat membaca kembali surat-menyurat dengannya yang selama ini tersimpan di lemari. Kagetlah Anda, mendapati semua isi lemari tersegel rapi di dalam kotak besi. Lemaslah Anda karena tidak punya kunci untuk membukanya. Hanya secarik kertas yang ditinggalkan si penyusup: "Bayarlah 8 juta kalau Anda ingin mendapatkan kuncinya. Dalam dolar".

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

"EMPAT ANTI VIRUS DI HP SAYA".. PERUSUH A: Di HP pak Agus apa juga diinstal anti virus..? AS: Iya. PERUSUH A: Berbayar..? A: Iya. PERUSUH A: Ada berapa anti virus di dalam HP pak Agus..? A: Ada 4 anti virus berbayar.. PERUSUH A: Berapa biaya pak Agus keluarkan untuk semua anti virus itu..? A: Rp 1,2 juta setahun. PERUSUH A: Wih.. Ada berapa aplikasi sih yang ada di HP pak Agus..? A: Ada 173 aplikasi.. ### Keputusan memasang atau tidak memasang pastilah memperhitungkan antara risiko, atau dampak jika ada SERANGAN. Dan biaya untuk MENCEGAHNYA..

Johannes Kitono

Sanggau - Pontianak. Perjalanan dari PD Kitono, Sanggau via Anjungan- Sei Pinyuh - Pontianak. Tidak terasa jauh. Jalan beraspal dan sepi dengan pohon sawit di kanan dan kiri. Dulu jarak Sanggau-,Pontianak ( 267 km ) harus ditempuh 7 - 8 jam. Infrastruktur rusak parah dan begitu juga ekonomi daerahnya.Minyak tanah dan beras di barter dengan beras dan gula.Kota Ngabang sangat ramai dan hidup. Indikasi sawit membawa kemakmuran bagi rakyat daerah.Kopi Weng murah dan kualitasnya beda tipis dengan Starbuck Jakarta. Ada beberapa perguruan tinggi dikota ini. Dilihat dari sisi pendidikan Ngabang lebih maju dari Sanggau. Padahal Ngabang dulu termasuk Kab Sanggau, now jadi kab Landak. Apakah berkat dr Carolin yang pernah jadi Bupatinya. Tiba di Sei Pinyuh ngopi bareng dengan Subandio,SH. Ketua Fraksi PKB dari DPRD kab Mempawah. Kaget juga dapat berita. Bahwa di Kecamatan Sadaniang masih ada desa yang tidak pernah tersentuh tiang PLN. Malam hari masih pakai lampu Petromak.Halo Bupati Mempawah, cobalah bermalam di Desa Satak Sadaniang. Nikmati mimpi indah dengan lilin atau lampu petromak.Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

BIAYA IT DAN IT SECURITY SEBUAH BANK TAHUN LALU.. “Alokasi dana untuk capital expenditure IT, bank kami tahun ini mencapai 5 Trilyun.. "Dari angka itu, untuk IT security nya mencapai 10% nya, atau 500 Milyar.. ### Direktur IT pasti maunya aman. Sedangkan Direktur Keuangan, biasanya, sebelum tanda tangan akan tanya.. "Ini kan belum terjadi..? Maka Direktur IT akan menjawab.. "Bagaimana kalau benar-benar ada ancaman.. Maka kata Dirutnya.. "Saya putuskan besok pagi..!!

Mirza Mirwan

Yakin mbolokin hari-hari ini Presiden Macron sedang resah-gelisah dan gundah-gerhana hatinya. Ia baru sadar bahwa keputusannya untuk membubarkan Assemblée Nationale 9 Juni yang lalu adalah blunder. Dan waktu tak bisa diputar ulang. Dalam pileg putaran pertama Minggu 30/6 kemarin Ensemble (aliansi Renaissance dan partai-partai pendukungnya) baru memastikan 2 kursi di Assemblée. Sementara partai kanan-jauh, Ressemblement Nationale sudah meraih 37 kursi, ditambah 1 kursi dari UXD (Union l'Xtreme Droite/persatuan kanan-jauh). Total 38 kursi. Aliansi Nouveau Front Populaire (Front Populer Baru, aliansi partai sayap kiri) menyusul dengan 32 kursi. Saya membayangkan, alangkah lemahnya posisi Presiden Macron di sisa 3 tahun jabatannya. Ia harus mengangkat perdana menteri dari partai oposan. Memang sebenarnya mengangkat perdana menteri (juga menteri-menteri) adalah hak prerogatif presiden. Tetapi ada preseden yang mau tak mau harus diikuti Macron. Hampir 40 tahun yang lalu Presiden François Miterrand mengangkat Jacques Chirac dari partai oposan sebagai perdana menteri. Sebab Partai Sosialis-nya Miterrand meski partai terbesar di Assemblée bukanlah mayoritas. Apalagi kini, Renaissance-nya Macron, bukan lagi partai terbesar di Assemblée. Dan Perancis kayaknya akan mempunyai PM yang belum genap 30 tahun, Jordan Bardella dari Ressemblement Nationale. PM saat ini, Gabriel Attal dari Renaissance, juga lebih muda ketimbang Gibran. Baru 35 tahun.

Amat K.

"Pada hari Rabu ini kami akan memberikan kuncinya secara gratis. Kami berharap serangan ini membuat Anda sadar pentingnya untuk mendanai industri ini, dan merekrut ahli berkualifikasi," Brain Chiper. Mereka kasihan dengan kita. Wkwkwk

Yellow Bean

Adek membuka komputer ayah. Membuka halaman demi halaman dalam diam dan anteng. Ibunya sibuk berbenah. Sepulang kerja menjadi kebiasaan membuka PC yang dirumah. Membuka file kerja untuk mengecek ulang pekerjaan. Sambil memangku adek yang asik dengan gambar di layar PC. Beberapa saat kemudian ayah kaget karena banyak gambar benang kusut. Rupanya hasil kerja adek waktu pagi. Ayah marah kesal. Adek mainnya ternyata jauh. Kemudian ayah meminta adek membersihkan halaman. Ternyata adek bisa. Ayah pun menginstal kan beberapa permainan ke PC. Adek tidak lagi membuka halaman kerja milik ayah. Alhamdulillah

iya nok

Akibat fenomena pemanasan global, lereng di Gunung Everest mulai mencair dan ditemukan banyak mayat pendaki yang bermunculan. Mayat pendaki yang sebelumnya tidak berhasil ditemukan, kini tiba-tiba terlihat usai Gunung Everest mencair. Ada sebanyak lima mayat yang ditemukan di puncak Everest usai gunung tertinggi di dunia itu mulai mencair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 272

  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • iya nok
    iya nok
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Tivibox
      Tivibox
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Macca Madinah
      Macca Madinah
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • iya nok
    iya nok
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • Liam Then
    Liam Then
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • Tivibox
      Tivibox
  • DeniK
    DeniK
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Liam Then
    Liam Then
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Er Gham
    Er Gham
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • dar_smd
    dar_smd
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Abdul Jamil
    Abdul Jamil
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • Wilwa
    Wilwa
    • DeniK
      DeniK
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Mora Edu Indonesia
    Mora Edu Indonesia
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Fa Za
    Fa Za
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Tivibox
    Tivibox
  • nurhasan Abdul Gani
    nurhasan Abdul Gani
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • bayu husa
    bayu husa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Zen Mahaputera
    Zen Mahaputera
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Liam Then
    Liam Then
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Fa Za
      Fa Za
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • doni wj
    doni wj
    • Amat K.
      Amat K.
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Er Gham
    Er Gham
    • doni wj
      doni wj
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Tri Budiyono
    Tri Budiyono
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • siti asiyah
    siti asiyah
  • ikhwan guru sejarah
    ikhwan guru sejarah
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Liam Then
      Liam Then
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Tivibox
      Tivibox
  • Amat K.
    Amat K.
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Zen Mahaputera
      Zen Mahaputera
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Amat K.
      Amat K.
    • ikhwan guru sejarah
      ikhwan guru sejarah
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
  • Fra Wijaya
    Fra Wijaya
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Tivibox
      Tivibox
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Zen Mahaputera
      Zen Mahaputera
  • Tivibox
    Tivibox
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Tivibox
      Tivibox
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • ikhwan guru sejarah
      ikhwan guru sejarah
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • alasroban
    alasroban
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • iya nok
    iya nok
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • iya nok
    iya nok
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Sogia Manom
    Sogia Manom
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • iya nok
    iya nok
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • iya nok
    iya nok
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • minimax 8000
      minimax 8000
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • iya nok
      iya nok
  • Abdul Rahman Addakhil
    Abdul Rahman Addakhil
    • Abdul Rahman Addakhil
      Abdul Rahman Addakhil
    • Amat K.
      Amat K.
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • minimax 8000
      minimax 8000
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • doni wj
      doni wj
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Tivibox
      Tivibox
    • Tivibox
      Tivibox
  • Dedy Ananta
    Dedy Ananta
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • doni wj
      doni wj
    • Amat K.
      Amat K.
  • Rachmad Saleh
    Rachmad Saleh
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • Lègég Sunda
      Lègég Sunda
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Zakaria Chen fu
    Zakaria Chen fu
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Tivibox
      Tivibox
  • Amat K.
    Amat K.
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • DeniK
    DeniK
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Amat K.
    Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Amat K.
      Amat K.
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin