Hasyim Asy'ari Dipecat sebagai Ketua KPU, Megawati: Sedih Saya...

Hasyim Asy'ari Dipecat sebagai Ketua KPU, Megawati: Sedih Saya...

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat pelantikan dan pengucapan sumpah DPP.-Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengaku sedih melihat pemerintahan Indonesia saat ini.

Terlebih, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari baru saja dipecat karena terbukti melakukan tindakan asusila.

"KPU, nah kemarin. Itu saya ngomong gini kenapa? Karena saya warga bangsa. Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia, itu kan bagian. Kok begitu ya, pusing saya," kata Megawati dalam pidatonya saat pelantikan dan pembacaan sumpah DPP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Juli 2024.

BACA JUGA:Ketua KPU Dipecat, Wapres Ma’ruf: Ini Peringatan Jangan Main-Main dengan Moralitas dan Integritas

BACA JUGA:Hasyim Asy'ari Dipecat, Mochammad Afifuddin Ditunjuk Jadi Plt Ketua KPU

BACA JUGA:Hotman Paris Imbau Jokowi tak Gegabah Terbitkan Keppres Pemecatan Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Padahal, lanjut Megawati, KPU memiliki fungsi untuk mengayomi masyarakat. Sebab, dia menilai masyarakat masih dalam bayang-bayang kemiskinan, ketidakadilan dan berbagai pembelengguan untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses kehidupan dan berbangsa.

Menurutnya, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU semestinya melayani masyarakat dalam berpartisipasi membangun proses demokrasi dan politik di Indonesia.

"Itu sebenarnya hakekat," imbuhnya.

Sebelumnya, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Hasyim dari jabatan ketua maupun anggota KPU RI setelah dinyatakan terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu (KEPP).

DKPP mengatakan Ketua KPU Hasyim As'yari terbukti melakukan pelecehan terhadap CAT, Anggota PPLN Den Haag. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: