BISKITA Trans Depok Resmi Beroperasi, Gratis Selama 6 Bulan

BISKITA Trans Depok Resmi Beroperasi, Gratis Selama 6 Bulan

BISKITA Trans Depok di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok, resmi diluncurkan dan gratis selama 6 bulan kedepan.-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - BISKITA Trans Depok di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok, resmi diluncurkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong dan mengimbau pemerintah daerah dapat turut serta dalam penyelenggaraan bus dengan skema layanan buy the service (BTS), yang berfungsi sebagai pengumpan dari dan menuju transportasi massal. 

"Kita harapkan, layanan buy the service (BTS) ini bukan hanya menjadi program pemerintah pusat, tetapi juga menjadi program pemerintah daerah. Karena itu, saya mendorong dan mengimbau agar Pemda dapat memberikan alokasi dana untuk kegiatan feeder bus ini," ujar Menhub dikutip pada Senin, 15 Juli 2024. 

BACA JUGA:Perjuangan Calon Taruni Akpol Lampung, Regina Dua Kali Gagal hingga Berhasil Ranking 1 Tingkat Provinsi

BACA JUGA:Kemenko Marves Bersama PLN Gaet Komunitas Global Melalui Green Energy Buyers Dialogue

Saat ini tercatat sudah ada 11 kota yang telah mengalokasikan APBD-nya untuk layanan BTS, yakni Padang, Pekanbaru, Gorontalo, Batam, Tangerang, Semarang, Surabaya, Bali, Surakarta, Jambi, dan Banjarmasin. 

Budi Karya mengapresiasi kota-kota yang sudah mulai melakukan pembiayaan yaitu membayar BTS dengan APBD sendiri. 

"Seperti Padang dan Surakarta, mereka bukanlah kota-kota yang memiliki APBD tinggi, tetapi mereka menyadari bahwa APBD harus turut serta. Ini penting demi konektivitas angkutan umum yang lebih baik," terangnya.

BACA JUGA:Menhub Jajal Bus BTS Balikpapan City Trans yang Resmi Beroperasi Sejak Awal Juli

BACA JUGA:Sederet Fakta Pertandingan Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Raja Eropa Baru Telah Lahir!

"Apa yang kita lakukan sekarang adalah stimulus atau percontohan agar antarmoda berjalan dan masyarakat terlayani dengan baik. Ke depan, semoga semakin banyak Pemda melakukannya. Saya yakin Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang mampu untuk mengalokasikan sebagian APBD, tidak perlu banyak," katanya. 

Adapun BISKITA Trans Depok diluncurkan pada hari ini, 14 Juli 2024. BISKITA ini akan melayani para penumpang yang menuju dan berangkat dari LRT Harjamukti dengan rute trayek menuju Terminal Depok dan sebaliknya. 

"Tentu kita melihat bahwa pergerakan antarmoda ini harus digalakkan dan harus diurus secara serius agar masyarakat tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi, dari dan menuju LRT.

Oleh karena itu, pemerintah pusat menyediakan program angkutan BTS untuk menghubungkan titik-titik mayor transportasi," jelas Menhub. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: