Bingung Cara Baca Label Nilai Gizi? Ini Tips dari BBPOM

Bingung Cara Baca Label Nilai Gizi? Ini Tips dari BBPOM

Ketua Tim Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta Evi Citraprianti, S.Si, Apt-disway.id/Annisa Zahro-

JAKARTA, DISWAY.ID -- BBPOM membagikan tips membaca label label informasi nilai gizi pada makanan kemasan agar konsumen tidak kebingungan.

Ketua Tim Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta Evi Citraprianti, S.Si, Apt menjelaskan, mengecek label nilai gizi sangat penting sebagai salah satu kunci keamanan pangan untuk memilih pangan.

Hal ini sekaligus untuk meningkatkan mutu gizi masyarakat dengan nutrisi seimbang.

BACA JUGA:Simak Rahasia 530 Peserta Pound Fit Tanpa Bau Badan dan Tetap Percaya Diri

BACA JUGA:Jemaah Umrah Wajib Vaksin Meningitis, Ini Pengertian dan Manfaatnya

Saat ini, sudah banyak makanan kemasan yang dikonsumsi dalam keseharian serta Pangan kemasan ini wajib mencantumkan informasi nilai gizi.

"Informasi nilai gizi adalah daftar kandungan zat gizi dan non gizi pangan olahan sebagaimana produk pangan olahan dijual sesuai dengan format yang dibakukan," terang Evi pada 16 Juli 2024.

Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menakar jumlah asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dan mengetahui zat gizi/non gizi yang terdapat pada pangan kemasan tersebut.

Label informasi nilai gizi sendiri diatur dalam Peraturan BPOM Nomor 22  Tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan. 

Sedangkan pada peraturan BPOM Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan mengatur tentang label pangan yang dapat berupa gambar, tulisan, kombinasi keduanya.

BACA JUGA:Kemenkes: Pemberian Obat Cacing Dijeda 7 Hari dari Imunisasi

BACA JUGA:FASTEMI Bikin Puskesmas Bisa Tangani Pasien Serangan Jantung

Bisa juga, kata Evi dalam bentuk lain yang disertakan pada pangan, dimasukkan di dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian dari kemasan pangan.

Pada Informasi Nilai Gizi, terdapat informasi yang wajib dicantumkan, yakni takaran saji, jumlah sajian per kemasan, dan catatan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: