Menlu Retno Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Presiden MBZ

Menlu Retno Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Presiden MBZ

Presiden Jokowi dan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Abu Dhabi.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ungkap isi pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengangkat empat isu utama, yakni kerja sama perdagangan, kerja sama investasi strategis, kerja sama energi bersih dan iklim, serta kerja sama sosial budaya.

Terkait kerja sama perdagangan, Presiden Jokowi menyatakan kegembiraannya atas penyelesaian perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

BACA JUGA:Jokowi Perkuat Hubungan Bilateral Indonesia-Abu Dhabi Jelang 96 Hari Pemerintahannya Berakhir

Hal ini menjadikan PEA sebagai negara Timur Tengah pertana yang memiliki kerja sama CEPA dengan Indonesia.

“Saya juga menyambut baik kerja sama sistem pembayaran antara Bank Indonesia dan bank sentral UAE, serta kerja sama pembangunan kapal LPD untuk Angkatan Laut UAE oleh PT PAL Indonesia. Saya yakin semua ini akan memberikan manfaat positif bagi perdagangan kedua negara,” ujar Retno mengikuti ucapan Presiden Jokowi, dikutip Kamis, 18 Juli 2024.

Kedua, terkait kerja sama investasi strategis. Presiden Jokowi mengatakan bahwa investasi PEA di Indonesia makin kuat dan salah satu yang menjadi fokus Indonesia saat ini adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan hilisirasi industri.

Ketiga, terkait kerja sama iklim dan energi bersih, Presiden Jokowi mengapresiasi dukungan investasi 145 megawatt pembangkit listrik tenaga surya terapung di Cirata, yang akan dikembangkan hingga 500 megawatt.

Keempat, terkait kerja sama sosial budaya. Presiden Jokowi menyambut baik pemberian Zayed Award for Human Fraternity 2024 bagi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk mendukung toleransi dan moderasi Islam.

BACA JUGA:Jokowi Tiba di Abu Dhabi, Langsung Disambut Presiden PEA

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas pembangunan masjid di Solo, kota kelahiran saya, Masjid Syekh Zayed dan juga rumah sakit radiologi di kota kelahiran saya Solo dan juga penamaan jalan di Abu Dhabi dan Masjid Jokowi di Abu Dhabi. Ini akan mempererat hubungan kita ke depan antara Indonesia dan UEA,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: