PLN-MKI Tandem Gelar Electricity Connect 2024, Showcase Kolaborasi Global untuk Transisi Energi di Indonesia

PLN-MKI Tandem Gelar Electricity Connect 2024, Showcase Kolaborasi Global untuk Transisi Energi di Indonesia

Komitmen berkolaborasi dalam membangun sistem ketenagalistrikan terintegrasi di Indonesia pada peluncuran Electricity Connect di Hotel Dharmawangsa, Jakarta pada (17/7). (Keterangan Foto: Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi-PLN-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT PLN Persero bersama Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) akan menggelar Electricity Connect 2024 pada 20 - 22 November 2024 mendatang.

Acara ini akan menjadi showcase kekuatan Indonesia dalam membangun sistem ketenagalistrikan terintegrasi di kawasan ASEAN serta pusat kolaborasi untuk seluruh stakeholder dunia.

Mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana, Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menyampaikan urgensi transisi energi dipicu oleh beberapa faktor diantaranya, ancaman perubahan iklim, peningkatan kebutuhan energi dan keterbatasan sumber daya fosil dalam waktu kedepan.

Untuk itu menurut Ida transisi energi melalui digitalisasi teknologi dan juga pemanfaatan energi bersih menjadi solusi utama untuk ketahanan dan kemajuan energi di Indonesia.

BACA JUGA:Catatkan Rekor MURI! Charging Mobil Listrik Terbanyak di Satu Lokasi, Kolaborasi PLN-Komunitas WEVI di Bandung

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehabisan! Tiket Grand Final Proliga 2024 Bisa Dibeli Lewat Aplikasi PLN Mobile

Dengan potensi sumber energi baru terbarukan (EBT) yang dimiliki, Ida optimis Indonesia mampu memimpin tranisi energi global dengan pengembangan super grid yang mampu menghubungkan pulau-pulau untuk menyalurkan EBT ke pusat beban khususnya di Pulau Jawa.

”Pemerintah tentunya mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder dan seluruh pihak untuk mendukung pengembangan transmisi dan super grid di Indonesia," terangnya.

"ami sangat mengapresiasi launching Electricity Connect 2024 ini, sehingga dapat menjadi wadah bertukar pikiran, informasi, ganggasan, pengalaman, serta kolaborasi lintas sektor antara para ahli, praktisi, dan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mendukung pelaksanaan penyediaan tenaga listrik berbasis smart grid dan juga percepatan perwujudan era net zero emissions,” tutur Ida.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, sebagai lokomotif transisi energi, PLN berkomitmen penuh untuk dapat mendukung roadmap transisi energi di Indonesia yang telah dicanangkan Pemerintah.

Dengan demikian tugas PLN saat ini tidak hanya menyuplai listrik andal bagi masyarakat tapi juga memastikan penyediaan energi yang terjangkau dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:PT NETA Auto Indonesia Gandeng PLN Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Terus Dukung Hilirisasi Industri, PLN Operasikan Transmisi Baru 150 kV untuk Smelter Ceria Group di Kolaka

”PLN berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam menjalankan transisi energi di Indonesia guna mendukung target nol karbon di tahun 2060 atau lebih cepat," 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: