PLN-MKI Tandem Gelar Electricity Connect 2024, Showcase Kolaborasi Global untuk Transisi Energi di Indonesia

PLN-MKI Tandem Gelar Electricity Connect 2024, Showcase Kolaborasi Global untuk Transisi Energi di Indonesia

Komitmen berkolaborasi dalam membangun sistem ketenagalistrikan terintegrasi di Indonesia pada peluncuran Electricity Connect di Hotel Dharmawangsa, Jakarta pada (17/7). (Keterangan Foto: Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi-PLN-

"Di dalam proses itu kita memastikan penyediaan energi yang terjangkau, dan ramah lingkungan sehingga bisa menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan pada saat yang sama kita dapat menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi yang akan datang,” ujar Darmawan.

Darmawan mengungkapkan, perubahan iklim merupakan ancaman seluruh umat manusia, maka dalam menjalankan transisi energi kolaborasi global sangat dibutuhkan.

"Ini adalah perubahan iklim global, merupakan tantangan global, merupakan masalah global, hal ini tidak dapat diatasi secara lokal, hal ini harus ditangani secara global. Oleh karenanya Electricity Connect 2024, menjadi sangat penting bagi PLN untuk dapat menjaring kolaborasi global dalam mencapai transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan," sambung Darmawan.

BACA JUGA:Terus Dukung Hilirisasi Industri, PLN Operasikan Transmisi Baru 150 kV untuk Smelter Ceria Group di Kolaka

BACA JUGA:PLN Gelar Enterprise Customer Gathering, Apresiasi Pelanggan dan Dukungan untuk Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), yang juga selaku Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem Evy Haryadi menjelaskan, mengusung tema Go Beyond Power Energizing The Future, Electricity CONNECT 2024 akan menjadi ajang diskusi dalam rangka mempersiapkan sektor ketenagalistrikan untuk menyambut dan beradaptasi dengan transisi energi global. 

“Gerakan transisi energi global perlu diperkuat dan diterapkan oleh seluruh negara termasuk anggota ASEAN yang tercermin dari peserta pameran dan konferensi yang datang dari negara-negara ASEAN. Mencermati situasi ini, tema Electricity CONNECT 2024 “Go Beyond Power Energizing The Future” akan menjadi panduan kita dalam transisi energi di Asia," ungkap Haryadi.

Haryadi berharap lewat event ini, exhibitor, peserta konferensi, dan pengunjung dapat saling bertukar wawasan dan pengalaman yang dapat mendorong penguatan dan percepatan transisi energi di kawasan ASEAN.

Berdasarkan event yang sama tahun lalu, MKI menargetkan Electricity CONNECT 2024 akan diikuti lebih dari 500 exhibitor dari berbagai perusahaan di dalam negeri danmultinasional dari Asia, Eropa, dan Australia serta lebih dari 500 peserta konferensi dan 15.000 pengunjung dari berbagai profesi di bidang industri ketenagalistrikan yang berasal dari perusahaan nasional dan internasional.

”Electricity CONNECT akan menyediakan platform untuk networking, saling tukar menukar pengetahuan, pengalaman dan kesempatan. Lebih dari 60 pembicara dari dalam dan luar negeri telah dijadwalkan untuk hadir pada Electricity CONNECT 2024. Event ini akan menjadi forum yang luar biasa bagi komunitas ketenagalistrikan internasional untuk berinteraksi satu sama lain,” pungkas Haryadi.

Electricity Connect 2024 merupakan gabungan dari tiga acara besar yakni peringatan Hari Listrik Nasional ke 79 (HLN 79), Nusantara Power Connect (NPConnect), dan PLN Locomotion yang akan menjadi showcase Ketenagalistrikan ASEAN guna menguatkan komitmen transisi energi dalam mencapai Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: