Rampungkan PSN Infrastruktur Kelistrikan Sesuai Target, PLN Terima Penghargaan dari Kemenko Perekonomian

Rampungkan PSN Infrastruktur Kelistrikan Sesuai Target, PLN Terima Penghargaan dari Kemenko Perekonomian

Pemberian Penghargaan Kawasan Ekonomi Khusus dan Proyek Strategis Nasional Kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN. -PLN-

"Listrik bukan hanya merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat tetapi juga kehadiran dan keandalan listrik dapat meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Maka dari itu, PLN bersama dengan Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur kelistrikan yang strategis sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan stakeholder lainnya di Indonesia," kata Darmawan. 

Darmawan mencontohkan salah satu proyek strategis yang telah dirampungkan PLN adalah PLTS Terapung Cirata 192 Megawatt peak (MWp). PLTS terbesar di Asia Tenggara ini mampu dikebut oleh PLN dan mampu meningkatkan bauran energi baru terbarukan di tanah air.

Tak hanya itu, infrastruktur pendukung interkoneksi antar sistem kelistrikan juga terus dilakukan PLN sebagai salah satu PSN prioritas, di antaranya adalah proyek Tol Listrik Sumatra.

Pada Mei 2024 lalu PLN telah berhasil melakukan penyalaan pertama SUTET 275 kilovolt (kV) yang menghubungkan antara Muara Enim – Gumawang. 

BACA JUGA:PT NETA Auto Indonesia Gandeng PLN Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Terus Dukung Hilirisasi Industri, PLN Operasikan Transmisi Baru 150 kV untuk Smelter Ceria Group di Kolaka

“Sebagai bagian dari proyek strategis nasional, Tol Listrik Sumatra akan terus dikebut sehingga kelistrikan di Pulau Sumatra akan terkoneksi dan semakin andal,” ujarnya.

Darmawan mengatakan sebagai bagian penting dari pembangunan nasional, berbagai proyek infrastruktur kelistrikan akan terus digenjot oleh PLN di semua wilayah di Indonesia. Infrastruktur seperti pembangkit, transmisi dan jaringan distribusi ini diharapkan mampu mendorong geliat ekonomi masyarakat dan pertumbuhan industri. 

"PLN terus berkomitmen untuk menjadi garda depan dalam mendorong perekonomian nasional. PLN akan terus meningkatkan konektivitas akses listrik ke seluruh pelosok negeri dan menjadi pionir dalam pendongkrak perekonomian nasional," pungkas Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: