Tanpa Lipstick

Tanpa Lipstick

Cawapres Donald Trump JD Vance dan istrinya Usha Chilukuri.--

"Dia terlalu hitam untuk mewakili sosok wanita India masa kini".

Tidak hanya satu-dua orang yang berkomentar begitu. Bacalah sendiri di Times of India: tidak banyak yang memuji tampilan istri calon wakil presiden pasangan Capres Donald Trump itu.

Nama wanita itu Anda sudah tahu: Usha Chilukuri. Dia istri JD Vance, lelaki Ohio yang baru saja dipilih Trump sebagai pasangannya.

Saya pun mencari video itu: ketika Usha tampil di konvensi Partai Republik di Milwaukee dua hari lalu.

Usha naik podium untuk memberi pengantar tampilnya sang suami –yang akan berpidato mengenai kesanggupannya sebagai calon wakil presiden Trump.

Semula saya menyangka Usha akan tampil seperti wanita di sekitar Trump pada umumnya: glamour, dengan make up sempurna dan sepatu hak tinggi yang lancip.

Usha ternyata beda. Dia seperti berdandan ala kadarnya. Bajunyi biru polos. Rambutnyi memang rapi tapi tidak ber-make up. Tidak ada goresan alis yang tajam seperti umumnya para wanita di sekitar Trump. Tidak pakai lipstick. Bibirnyi dibiarkan berwarna gelap. Tidak ada olesan apa pun di pipi.

Lihatlah pula sepatunyi. Haknya memang agak tinggi tapi besar dan bersegi. Lihat juga lehernyi: polos. Tidak ada kalung mutiara atau berlian. Pun tangannyi: polos tanpa gelang atau aksesori.

Ketika Usha berpidato rambutnyi dibiarkan menutupi mata kanannyi. Hanya sesekali rambut itu disibak tapi secepat itu pula kembali menutupi mata kanannyi.

Terlalu sedikit informasi tentang Usha. Termasuk dari India bagian mana orang tuanyi berasal.

Melihat sosoknyi yang tinggi dia mestinya berasal dari India tengah-utara. Tapi melihat gelap kulitnyi dia dari belahan selatan. Yang jelas ayah-ibunyi asli India. Mereka pindah ke Amerika tahun 1980-an –dikenal sebagai dekade India melawat ke barat.

Dalam pidato pengantar itu Usha bercerita dia bertemu dengan Vance di Yale University. Sama-sama kuliah di universitas papan atas Amerika itu.

"Awalnya kami hanya berteman," ujar Usha. Lantas saling jatuh cinta. Vance pun mau belajar masak masakan India dari calon mertua. Bahkan mau mengikuti gaya hidup Usha sebagai vegetarian.

Mereka pun menikah. Di negara bagian tetangga Ohio, Kentucky. Nikah secara Hindu.

Penampilan sederhana Usha itu terasa klop dengan identitas yang sedang dibangun sang suami: mewakili pemilih kaum buruh kulit putih kelas menengah Amerika. Ini untuk menutup ''kelemahan'' Trump yang hanya mewakili golongan orang kaya.

Vance memang berasal dari keluarga pekerja pabrik baja di Middletown di Ohio. Banyak industri baja di masa lalu di negara bagian Ohio dan sekitarnya.

Di kawasan ini memang dilewati sungai besar Mississippi –sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai besar, di masa lalu, sangat penting bagi industri. Baik karena air bakunya maupun untuk lalu-lintas angkutannya.

Industri di kawasan itu hilang satu per satu. Kalah bersaing dengan produk Tiongkok. Ekonomi kawasan itu pun merosot. PHK terus-menerus terjadi.

Inilah kawasan yang paling terkena dampak industrialisasi di Tiongkok. Vance menjadi saksi hidup dari kemerosotan ekonomi selama puluhan tahun itu. Ia mengalaminya sendiri.

Kini tinggal satu pabrik baja di Middletown: AK Steel. AK singkatan dari Armco dan Kawasaki. Dari nama itu saja sudah menandakan bukan lagi sepenuhnya milik Amerika.

Vance dengan cerdas menyerang Joe Biden justru dari begitu lamanya Biden merajai dunia politik.

"Biden telah mengendalikan politik lebih panjang dari umur saya," ujar Vance yang kini berumur 39 tahun –cawapres termuda dalam sejarah Amerika.

Ia menyebut kemerosotan ekonomi itu terus terjadi di sepanjang masa Biden berada di politik.

Vance memang penulis yang andal. Ia pernah jadi wartawan di Iraq untuk media di Amerika. Itu karena Vance pernah dinas militer di Iraq saat ia aktif di Marinir.

Pengalaman hidup bersama kemerosotan ekonomi di kawasan Midwest itulah yang ditulis Vance dalam sebuah buku. Judulnya puitis: Hillbilly Elegy. Itu jadi salah satu buku terlaris di Amerika. Saking menariknya cerita di buku tersebut diangkat ke layar film.

Rasanya kini Trump dapat pasangan yang serba melengkapi. Termasuk dalam hal umur. Memang gaya pidatonya tidak sebagus tulisannya, tapi Vance telah jadi daya tarik baru di Pilpres Amerika.

"Kami punya tiga anak. Tapi Vance masih suami paling menarik seperti dulu. Masih sama," ujar Usha yang belajar sejarah tapi menjadi ahli hukum seperti sang suami.

"Ia masih laki-laki yang sama, kecuali jambangnya,” ujar Usha.

Vance memang tampil lebih tua dari 39 tahun. Saya setuju: itu karena ia berkumis, berjenggot dan berjambang.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 19 Juni 2024: Wamen Magang

djokoLodang

-o--

            Membaca tulisan bang Mirza Mirwan tentang nama kakak Prabowo, terpikir oleh saya, mengapa anak kedua diberi nama Ekowati? 

1- Biantiningsih Miderawati.

    Mider --bahasa jawa-- artinya "mengembara.

    Lahir 1948, putri pertama lahir saat pak Sumitro "mider-mider" di Eropa. Bersama istri yang berdarah Manado-Jerman.

Kata "bian" dalam bahasa Karakteristik artinya kreatif, romantis dan penuh ide. Dalam bahasa Jerman nama Bian memiliki makna cerah, bersinar.

2- Maryani Ekowati.

Maryani artinya "pengelana yang punya banyak pengalaman".

Mengapa anak kedua diberi nama Ekowati?

        Lahir tahun 1950, barangkali saat p Sumitro --sesudah berkelana dan punya banyak pengalaman-- pertama kali mendapat kebebasan dan kesempatan berkiprah di dunia perekomian, diplomasi, dan bidang-bidang lainnya yang disukainya.

3- dan 4- 

Prabowo menuturkan asal usul nama yang disematkan padanya oleh sang kakek, Margono Djojohadikoesoemo.

“Ayah saya, Pak Soemitro, punya adik yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di Akmil Tangerang, namanya Sujono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada Peristiwa Lengkong, Januari 1946,” kata Prabowo November 2021 silam. Selain Sujono, ia mengemukakan ada satu lagi pamannya yang juga gugur dalam pertempuran itu. Namanya Subianto. Nama Subianto dan Suyono itu lah yang kemudian diberikan untuk meneruskan perjuangan bagi bangsa dan negara Indonesia.

--jL-

* 1- dan 2- di atas itu hanya rekaan saya saja.

Muh Nursalim

Abah Dis atau siapa saja dari perusuh perlu ada yang nyomblangi agar Prabowo sebelum dilantik punya istri. Bisa kembali ke mantan atau cari yang baru. Ndak elok kalau presiden ndak punya istri. Ketika rapat-rapat bersama pemimpin negara nanti yang jadi ibu negara tidak ada. Kalau diwakili istrinya Gibran sangat tidak pas. Pembisik urusan wanita kayaknya banyak di kalangan perusuh di sini. Saya siap jadi penghulunya.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

SAAT PAK PRABOWO BERPIDATO..

"Yang terhormat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit PRABOWO. 

"Yang terhormat, Panglima TNI Jenderal Agus SUBIANTO..

"Nama anda berdua itu, kalau digabung itu sama dengan nama presiden terpilih..

Begitu kata pak PRABOWO SUBIANTO, saat menghadiri acara peluncuran Geo One Map Policy 2.0 dI Jakarta tanggal 18 Juli 2024..

###

Ini bukan tanda-tanda TNI POLRI akan digabung lho ya..

Bukan..!

djokoLodang

-o--

INJURY TIME

           Sudah bekali-kali Abah menggunakan ungkapan injury time. Tiap kali selalu ada komentar perusuh yang mengkritik.

Tapi, Abah tetap keukeuh menggunakannya.

Mengapa, ya. Pada hal, Abah penggemar sepakbola. Pasti beda antara "injury time" dan "extra time". Dan, Abah dikenal memperhatikan apa yang disuarakan perusuh. Termasuk yang mengkritiknya.

Tadinya saya pun tidak setuju. Tidak setuju penggunaan inury time pada masa transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo. Hari ini, saya renungkan kembali. 

       Sepakbola memperkenalkan "injury time" sebagai waktu tambahan yang diberikan karena pertandingan sempat dihentikan untuk memberi kesempatan melakukan perawatan kepada pemain yang terkena "injury" atau cedera.

Tapi, itu kan sepakbola.

Dalam menulis CHDI, Abah tidak harus mengikuti kaidah dunia sepakbola. Suka-suka Abah. 

Injury time bisa diartikan "masa tidak nyaman". Ketika seseorang terpaksa melakukan sesuatu dengan tidak nyaman. Tidak nyaman itu bisa karena terpaksa, atau bisa cukup nyaman, tetapi tidak senyaman seperti biasanya.

Dalam masa transisi pemerintahan, saat melakukan atau memutuskan sesuatu, Jokowi jelas tidak senyaman dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Barangkali itu maksud Abah.

--jL-

djokoLodang

-o--

            Pria berpenampilan necis sedang berada di lobby hotel. Tak sengaja sikutnya menyenggol dada tante cantik yang berdiri di belakangnya. 

Dia berbalik, dan dengan santun meminta maaf: "Mohon maaf, Nyonya. Jika hati Anda selembut "anu" yang barusan kena sikut saya, niscaya Anda akan memaafkan saya."

"Tidak apa-apa", jawab nyonya cantik. "Tentu, dengan senang hati saya maafkan. Dan ...", (berhenti sejenak).

"Dan ...?", tanya pria, mengernyitkan alis.

"Dan, ... jika "anu" Anda memang sekeras sikut Anda, saya ada di Kamar 317. ..." 

--jL-

Juve Zhang

Bu SM bukan profesor tapi..berpikiran Jernih...tahu Ilmu Ekonomi Makro dengan sangat baik...dulu Profesor Semua yg megang Keuangan...Tapi Anjlok dari 2500 ke 17000....pasti Bu SM tak akan bagi Ilmu Ekonomi Makronya yg kelas Suhu....lah Profesor Saja Bingung apalagi Ahli Sejarah....wkwkkw

Lagarenze 1301

Santai sejenak. 

Presiden Korea Utara Kim Jong-Un pergi berburu dengan membawa tiga menteri utamanya, yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Propaganda. 

Setelah beberapa saat berjalan di hutan, mereka menemukan sekawanan kijang. 

Kim menoleh ke Menteri Dalam Negeri,  "Tembak kijang itu!" 

Menteri Dalam Negeri mengangkat senapan, membidik, menembak, namun meleset. 

Kim menatap geram menterinya setelah melihat kawanan kijang mulai lari menjauh. 

Kim lalu menoleh ke Menteri Pertahanan, "Tembak kijang itu!" 

Menteri Pertahanan mengangkat senapan, menembak, namun meleset juga. 

Kim menatapnya dengan marah, mengambil senapannya sendiri, mengangkatnya, menembak, dan juga meleset. 

Menteri Propaganda langsung berteriak, "Lihat! Kijang mati masih bisa berlari!"

Lagarenze 1301

Piyati bikin sensasi. BYD M6, mobil listrik 7 seater, mejeng di GIIAS 2024. 

Mobil yang varian superior-nya bisa menempuh jarak 530 kilometer. Harganya hanya Rp 400-an juta. 

Mobil listrik 7 seater yang masuk Indonesia tidak banyak. BYD tampaknya mencoba memahami selera dan kebutuhan orang Indonesia yang suka bepergian satu keluarga. 

Fitur? Tak perlu ditanyakan. Mobil Tiongkok memberikan semuanya. 

Yang mau lihat-lihat mobil keluaran terbaru, atau mungkin mau beli, GIIAS 2024 masih panjang, dibuka 18 Juli berakhir 28 Juli 2024. Tempatnya di ICE BSD.

Mirza Mirwan

    Sekali lagi, sungguh kasiman banget Jubaidin, eh, Joe Biden. Dua hari ini ia sedang mengisolasi diri di rumah pribadinya di Delaware gegara kena Covid-19. Tapi bukan itu yang mengundang kasiman.

     Kemarin-kemarin Biden masih bisa menganggap enteng tekanan agar ia mundur dari pencapresan kembali. Mereka, para penekan, toh hanya anggota House dan Senat. Bahkan termasuk Speaker Emerita, Nancy Pelocy. Tetapi begitu Barack Obama juga menekannya, tentu saja Biden ngeper juga. Walaupun Obama jauh lebih muda darinya, Obama adalah mantan presiden selama 8 tahun, di mana Biden menjadi wapresnya.

     Memang Obama tidak secara eksplisit meminta Biden mundur. Obama menggunakan kata "reconsider", mempertimbangkan kembali, niat Biden untuk nyapres lagi. Itu berarti secara implisit Obama meragukan Biden. Dan Biden tentu paham makna implisit dari "reconsider" itu.

     Lalu, apakah Biden akan mundur dari pencapresa? Perasaan saya mengatakan: ya. Kapan? Selambat-lambatnya di hari pertama Konvensi Nasional Demokrat sebulan lsgi. Sebab kalau ia mundur setelah ditetapkan sebagai capres, penentuan capres penggantinya tidak akan demokratis lagi.

     Kalau Biden mundur dalam komvensi, para delegasi bisa memilih penggantinya lewat pemungutan suara. Tetapi kalau mundurnya setelah dicapreskan, Komite Nasional Demokrat -- semacam DPP di sini -- akan rembugan dengan para anggota Kongres  dan gubernur dari Demokrat untuk memilih penggantinya.

     Entah, mana yang dipilih Jubaidin.

Johannes Kitono

Wamen - Adaptasi.

Selamat kepada ketiga Wamen yang baru dilantik Presiden Jokowi. Magang  Wamen tentu beda dengan masa Percobaan di perusahaan swasta. Ketiga Wamen tsb beruntung. Selama tiga bulan bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja barunya. Dan ini indikasi lengser atau landingnya Presiden Jokowi ke Presiden Prabowo. Berjalan dengan smooth. Petanda antara Jokowi dan Prabowo sudah ada Chemistry. Tentu akan membawa dampak positip bagi investor. Seperti makhluk beda jenis sedang pacaran. Hidup terpisah tentu menyimpan rasa kangen yang tertahan. Apabila manusia sedang jatuh cinta. Kadar hormon Serotonin terasa di tubuh. Dan hal ini di akui oleh Prabowo, Presiden Terpilih 2024. Dalam setiap rapat Menhan selalu diminta duduk disamping Presiden Jokowi. Ini indikasi apa yang sudah dirintis oleh Presiden Jokowi. Tidak akan macet apalagi Mangkrak. Dan tentu saja pembangunan  IKN Nusantara di Kalimantan.  Tetap akan diteruskan dan itu sangat adil. Terutama bagi rakyat Kalimantan yang kaya SDA nya. Pembangunan yang Jawa Centris dialihkan ke Kalimantan. Semoga Mentan Sudaryono bisa sukseskan  Food Estates dan makan bergizi. Untuk memenuhi janji kampanye Prabowo - Gibran. Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 25

  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Adian AlFatih
    Adian AlFatih
  • herry isnurdono
    herry isnurdono
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Fa Za
    Fa Za
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fa Za
      Fa Za
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu