5 Keutamaan Salat Dhuha Bagi yang Rajin Mengamalkannya, Diampuni segala Dosa!

5 Keutamaan Salat Dhuha Bagi yang Rajin Mengamalkannya, Diampuni segala Dosa!

Ilustrasi salat Dhuha.--Unsplash

Di dalam hadis yang telah diriwayatkan oleh seorang muslim dari Abu Dzar mengatakan jika Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Di pagi hari, semua harus memberi sedekah. Setiap bacaan Tasbih (Subhanallah) bisa menjadi sedekah, setiap bacaan Tahmid (Alhamdulillah) bisa menjadi sedekah, setiap bacaan Tahlil (Laa ilaha illallah) bisa menjadi sedekah, dan setiap Takbir (membaca Allahu akbar) juga bisa menjadi sedekah. Demikian juga, Amar ma'ruf (menyeru ketaatan) dan Nahi munkar (mencegah kejahatan) adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha dua Rakaat.” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Dahsyat! Keutamaan Puasa Arafah Dosa 2 Tahun Terampuni, Ustaz Adi Hidayat: Dosa Besar Pun Berpeluang Diampuni Seperti Orang Wukuf

3. Sarana untuk Pengampunan Dosa

Salat Dhuha menjadi salah satu ajang untuk berserah diri kepada Allah SWT, ada hadis yang menyebutkan jika Salat Dhuha sendiri juga sudah sebagai sarana untuk mengampuni para pencari dosa.

Dalam hadis tersebut dikatakan bila Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Barang Siapa orang mengerjakan sholat Dhuha selamanya, maka Allah akan mengampuni dosanya, meskipun dosanya sebesar buih lautan.” (HR. Tirmidzi).

4.  Dapat Pahala Setara Naik Haji dan Umrah

BACA JUGA:Ini Keutamaan Membaca Surat Yasin 3 Kali di Malam Nifsu Syaban

Dengan mengerjakan salat Dhuha dengan rutinitas, ada hadis mengatakan jika hal itu sama seperti sedang mendapat sebuah pahala haji dan umrah yang dianggap sempurna.

Di dalam hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik di Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW telah bersabda bahwa:

“Barangsiapa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah lalu duduk berdzikir pada Allah sampai matahari terbit, setelah itu mengerjakan shalat dua rakaat, maka itu seperti mendapat pahala haji dan umrah sebagai pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

5. Dijauhkan dari Sifat Lalai

Lewat hadis yang diriwayatkan oleh At Thabrani menyebut jika kita rajin melaksanakan salat Dhuha, maka Allah SWT akan menjauhkan kita dari sifat lalai.

BACA JUGA:Simak Niat Sholat Dhuha dan Jumlah Rakaatnya Sesuai Sunnah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: