Update Persiapan Upacara HUT RI di IKN, BPIP: 76 Anggota Paskibraka 2024 akan Dikukuhkan 9 Agustus

Update Persiapan Upacara HUT RI di IKN, BPIP: 76 Anggota Paskibraka 2024 akan Dikukuhkan 9 Agustus

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina dalam Konferensi Pers Kesiapan BPIP dan Calon Paskibraka Menyambut Upacara Bendera HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN-Tangkapan Layar Zoom-

JAKARTA, DISWAY.ID - Persiapan Upacara di Ibu Kota Nusantara terus dimatangkan. 

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengukuhkan 76 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat di Istana Negara, Jakarta, pada 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:BPIP Jelaskan Alasan Pengajuan Penambahan Anggaran Rp100 Miliar: Untuk Penguatan Pancasila di Kalangan Gen Z

BACA JUGA:BPIP Mengumumkan 76 Paskibraka untuk Bertugas Pada Upacara HUT RI di IKN

76 orang anggota Paskibraka merupakan representasi dari 38 provinsi di Indonesia yang akan bertugas pada Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, 17 Agustus 2024.

"Untuk Pengukuhannya dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 9 Agustus. Bapak Presiden Jokowi yang akan mengukuhkannya," kata Rima dalam Konferensi Pers Kesiapan BPIP dan Calon Paskibraka Menyambut Upacara Bendera HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat 26 Juli 2024. 

Setelah itu, BPIP dan anggota Paskibraka akan bertolak ke IKN dengan dua tahap penerbangan. Keberangkatan rombongan terlebih dahulu menginap di Balikpapan untuk beristirahat.

Saat ini seluruh anggota Paskibraka tengah melaksanakan Pusdiklat di Cibubur. Para anggota Paskibraka juga melakukan gladi kotor, gladi bersih, latihan gabungan dan pengibaran bendera merah putih.

BACA JUGA:Kepala BPIP Minta Tambahan Anggaran 2025 Sebesar Rp100 Miliar untuk Diklat hingga Influencer

Selain itu, pihaknya memastikan tidak merubah layout tempat upacara di IKN dengan di Istana Negara seperti tahun sebelumnya.

"Formasinya juga masih tetap 8-4-5 memang barangkali sedikit ada bangunan-bangunan yang berbeda, tapi secara keseluruhan kami tetap menjaga supaya semangat yang sejak lama dilaksanakan oleh para pendahulu kita itu mengenai makna dari peringatan kemerdekaan HUT RI setiap tahun," ujarnya.

Dalam hal ini, BPIP akan melaksanakan penguatan kepada para Paskibraka untuk bisa beradaptasi dengan kondisi hingga cuaca. Seluruh anggota Paskibraka diawasi ketat terutama untuk menjaga kesehatan dan asupan gizinya setiap hari.

Rima memastikan seluruh pasukan Pengibar bendera tetap prima dalam menjalankan tugas negara.

"Seperti untuk minum kami bagikan tumbler, jadi adik-adik masing-masing bawa tumbler. Kalau haus tidak cari beli minuman di mana. Sudah siap masing-masing," tambah Rima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: