MMB SIL UI Edukasi Lansia di Sawangan Untuk Siap Hadapi Perubahan Iklim

MMB SIL UI Edukasi Lansia di Sawangan Untuk Siap Hadapi Perubahan Iklim

MMB SIL UI Edukasi Lansia di Sawangan Untuk Siap Hadapi Perubahan Iklim-UI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dampak perubahan iklim secara langsung maupun tidak langsung bagi kesehatan lansia cukup tinggi melalui peristiwa cuaca ekstrem seperti paparan panas dan dingin, serta bencana alam. 

Dampak tidak langsung meliputi pencemaran udara dan air, serta perubahan ekosistem mendukung penularan penyakit melalui air, udara, makanan, dan vektor. 

BACA JUGA:Profil dan Biodata Xaverius Yesaya Bunalven Peserta Clash of Champions dari Teknik Sipil UI, Punya Banyak Prestasi dan Hobi Olahraga

BACA JUGA:Link dan Cara Cek Pengumuman Hasil SIMAK UI 2024 Hari ini 26 Juli Pukul 16.00 WIB

Lansia berisiko lebih tinggi terpapar dampak perubahan iklim dibandingkan populasi lainnya karena akibat kurangnya mobilitas, disabilitas, kelemahan, dan perubahan fiisologi tubuh. 

Oleh karena itu, lansia perlu mempersiapkan diri menghadapi dampak perubahan iklim melalui upaya mitigasi dan adaptasi. 

"Kelas lansia perubahan iklim perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran cinta lingkungan agar tetap terjaga dgn baik. Respon peserta sangat baik yang terlihat dari antusiasnya dalam mengikuti seluruh kegiatan." ungkap Dr. Fatmah, S.K.M., M.Sc. selaku dosen Studi Magister Manajemen Bencana, Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia sekaligus pengabdi utama dalam keterangannya, Sabtu 27 Juli 2024.

BACA JUGA:Profil dan Biodata Alfie Vere, Peserta Clash of Champions dari FK UI Si Fans JKT48

BACA JUGA:Selamat! Azka Corbuzier Resmi Diterima Jadi Mahasiswa UI Jurusan Psikologi Satu Kampus dengan Sabrina Chairunnisa

Program Studi Magister Manajemen Bencana Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (MMB SIL UI) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui kelas lansia. 

Kegiatan ini bekerjasama dengan Alzheimer (Alzhi) Chapter Depok sebagai salah satu organisasi pegiat dementia dilaksanakan tanggal 25 Juli 2024 bertempat di Musholla Alfurqon Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sawangan Kota Depok. 

Sebanyak 20 peserta mengikuti kelas lansia berjudul Adaptasi Perubahan Iklim dan Mitigasi Bencana yang terdiri dari pengurus Alzheimer Chapter Depok Ranting Sawangan, relawan Alzhi, kader posyandu lansia, Kasie Kemas Kel. Pasir Putih, dan para lansia aktif di masyarakat. 

BACA JUGA:Profil dan Biodata Maudy Peserta Clash of Champions dari Teknik Kimia UI, Punya Segudang Prestasi

BACA JUGA:Ribuan Personel Amankan Unjuk Rasa BEM UI Hari Ini di Patung Kuda, Polisi: Cari Jalan Alternatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: