Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM Adopsi Teknologi Digital untuk Tingkatkan Daya Saing

Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM Adopsi Teknologi Digital untuk Tingkatkan Daya Saing

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo RI Hokky Situngkir menghadiri acara “Launching UMKM Level Up Tahun 2024”-ist-

Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, Menkominfo menyebutkan pentingnya berbagai strategi untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia yang terdiri dari tiga strategi utama.

“Pertama memanfaatkan data dan teknologi untuk merancang strategi bisnis yang dapat mendorong efisiensi. Kedua, melakukan pengembangan kecakapan digital untuk pelaku UMKM. Dan yang ketiga, memanfaatkan platform digital untuk berkolaborasi di tingkat global dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan” jelasnya.

Budi Arie berharap agar program UMKM Level UP yang diluncurkan oleh Kominfo ini dapat mendorong pelaku UMKM agar lebih ekstensif dalam mengadopsi teknologi digital. Bukan hanya untuk memperluas akses pemasaran, tetapi juga meningkatkan efisiensi, meningkatkan daya saing dan inovasi hingga meningkatkan nilai transaksi.

Launching UMKM Level Up juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, para Pejabat Eselon 1 dan 2 Kemenkominfo, para pejabat kementerian/lembaga/dinas, serta pimpinan dari perusahaan swasta yang merupakan mitra kolaborasi.

Agenda launching dilanjutkan dengan acara gelar wicara (talkshow) yang dipandu oleh Meliza Gilbert. Terdapat empat orang narasumber yang diundang untuk mengisi gelar wicara tersebut yaitu Yulius (Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UMKM RI),  Dewi Meisari (Founder UKMINDONESIA.ID dan TUMBU.CO.ID), Jessica Isabella (Owner Jims Honey Indonesia), serta Julio Ekspor (Founder Bisa Ekspor). 

Program UMKM Level Up itu sendiri dilaksanakan dalam bentuk pendampingan intensif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan serta diharapkan dapat mewujudkan UMKM Indonesia yang berdaya saing dengan dukungan teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: