Pertamina Trans Kontinental Gandeng Pertamina Lubricants, Perkuat Industri Kepelabuhan Terdepan di Dunia

Pertamina Trans Kontinental Gandeng Pertamina Lubricants, Perkuat Industri Kepelabuhan Terdepan di Dunia

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) tingkatkan sinergi ONE Pertamina melalui kontrak kerja sama-Dok. Pertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) tingkatkan sinergi ONE Pertamina melalui kontrak kerja sama untuk memperkuat kegiatan jasa kelautan dan jasa kepelabuhan untuk muatan tanker base oil, yang merupakan bahan baku pelumas Pertamina.

Kerja sama antara dua entitas Pertamina Group ini mencakup jasa ship provider atau penyediaan kapal seperti penyediaan kapal – kapal ringan (KKR), logistic services berupa jasa terminal operator termasuk mooring unmooring dalam mendukung bongkar buat muatan Tanker Lube Oil Base (LBO), jasa marine services seperti Oil Spill Response untuk mengantisipasi adanya tumpahan minyak saat bongkar muat berlangsung, dan jasa kelautan lainnya.

BACA JUGA:Pertama Kalinya! Pertamina Lubricants Raih Sertifikat Bangunan Ramah Lingkungan dari EDGE

BACA JUGA:Ramaikan Musim Mudik, Pertamina Lubricants berbagi THR Fastron kepada Para Pemudik

Direktur Utama PTK, I Ketut Laba optimis atas kolaborasi yang terjalin dan memastikan services PTK dilakukan dengan excellence serta mematuhi aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE).

Kerja sama ini, kata dia sejalan dengan komitmen PTK dalam melakukan penyediaan kapal dan operator terminal yang handal, didukung oleh armada dan kru kapal yang profesional, berintegritas, dan patuh pada aspek HSSE. 

"Juga menciptakan mutual effect bagi dua entitas Pertamina dan menguatkan ONE PERTAMINA sebagai wujud optimalisasi resources dan kapabilitas BUMN untuk mencapai tujuan bersama,” ujar Direktur Utama PTK I Ketut Laba dikutip Senin, 5 Agustus 2024. 

Kerja sama ini merupakan tonggak penting dalam memperkuat dan meningkatkan efisiensi layanan dalam rantai pasok energi nasional terutama bagi PTPL sebagai bagian dari Sub Holding Commercial & Trading (SH C&T). 

PTK yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang berkomitmen untuk memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan dalam industri kepelabuhan, layanan marine logistik terdepan di dunia. 

BACA JUGA:Pertamina Lubricants Dukung Peningkatan SDM Unggul, Libatkan Siswa SMK Jurusan Otomotif

Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi menyebut, dengan adanya kerjasama ini mencerminkan komitmen Pertamina Lubricants untuk mempercepat rantai proses distribusi dengan bekerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental. 

"Semoga dengan pengalaman PTK di jasa kelautan dapat meningkatkan kehandalan sarana terminal, percepatan integrated port time, serta kepatuhan terhadap aspek HSSE dan perizinan di pelabuhan,” ujarnya.

Kolaborasi antara PTK dan PTPL ini diharapkan dapat mendukung efisiensi operasional dan mempercepat layanan pelumas bagi para customer.  

Kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi industri dan masyarakat, serta menciptakan value creation di Pertamina Group dalam memperkuat posisi sebagai perusahaan yang unggul di sektor energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: