Menhub Uji Coba Trem Otonom Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN

Menhub Uji Coba Trem Otonom Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN

Menhub Budi Karya Sumadi Memantau Langsung Uji Coba Trem Otonom Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN-Dok. Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART), di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Uji coba dilakukan guna mempersiapkan pengoperasian trem otonom pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di IKN. 

BACA JUGA:Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN, Ini yang Akan Dibahas

BACA JUGA:Ini Dia Sosok Pawang Hujan di IKN yang Kendalikan Cuaca Jelang Upacara HUT RI, Bukan Mbak Rara!

“Saya bersama tim dari CRRC Cina, melakukan uji coba ART pada hari ini dan dioperasikan dengan menggunakan marka. Kami sedang uji coba terus, agar pada tanggal 17 Agustus 2024 sudah dioperasikan dan dapat melayani dengan baik,” ujar Budi Karya pada Minggu, 11 Agustus 2024. 

Nantinya, trem otonom tersebut akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI. 

Untuk kecepatan jelajah ada di 40 km per jam di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur. 

BACA JUGA:Jokowi Kembali Berkantor di IKN, Lakukan Groundbreaking hingga Sidang Kabinet

Adapun, pengoperasian trem otonom menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. 

Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi, sehingga sejalan dengan konsep dan prinsip IKN sebagai kawasan kota cerdas, hijau, serta berkelanjutan. 

“ART akan ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dia menjadi feeder yang keliling jalan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Selain itu, bersama berbagai pihak yang berkerja sama, kami juga siapkan kendaraan umum listrik. Secara bertahap kami akan pastikan semua transportasi yang beroperasi di IKN ramah lingkungan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: