Indonesia dan Malaysia Negara Serumpun, Kolaborasi Budaya Hingga Kuliner di Museum Kebangkitan Nasional

Indonesia dan Malaysia Negara Serumpun, Kolaborasi Budaya Hingga Kuliner di Museum Kebangkitan Nasional

Indonesian Heritage Agency (IHA) bersama dengan Jabatan Muzium Malaysia (JMM) serta didukung berbagai kementerian dan lembaga terkait berkolaborasi meresmikan rangkaian pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” di Museum Kebangkitan Nas--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara tetangga yang serumpun sehingga memiliki warisan seni, budaya, dan adat istiadat yang memiliki ragam kesamaan.

Indonesian Heritage Agency (IHA) bersama dengan Jabatan Muzium Malaysia (JMM) serta didukung berbagai kementerian dan lembaga terkait berkolaborasi meresmikan rangkaian pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta.

BACA JUGA:Malaysia Dibidik Jadi Target Market Pamerkan Produk UMKM Indonesia

Menteri Perpaduan Negara Malaysia, Yang Terhormat Datuk Aaron Ago Dagang pada pidatonya menyampaikan Malaysia dan Indonesia memiliki kemajemukan etnik, agama, kekayaan budaya dan tradisi yang menjadi nadi kekuatan untuk memperkokoh hubungan dua bangsa serumpun.

“Penguasaan pengetahuan, khususnya sejarah dan budaya suatu negara merupakan keharusan bagi seorang warga negara untuk memahami, menghayati, mempunyai semangat jati diri untuk membina sebuah negara dan bangsa yang bersatu, kuat, harmonis dan berdaulat,” tuturnya.

BACA JUGA:Malaysia dan Singapura Bangun KEK Baru di Johor, Menko Luhut: Indonesia Tidak Takut Bersaing

Program ini bertujuan untuk mengedukasi publik, khususnya generasi muda mengenai beragam warisan seni dan budaya Malaysia dan Indonesia yang serupa, tapi tak sama.

Pameran ini menampilkan gambaran kebudayaan Malaysia dan berbagai program publik.

Pameran Citra Nusa diharapkan juga dapat menjelaskan cara hidup masyarakat Indonesia dan Malaysia dari masa ke masa, termasuk prinsip-prinsip budaya dan adat istiadat, dan berbagai aspek arsitektur tradisional.

BACA JUGA:Indra Sjafri Sebut Malaysia Jadi Lawan Terberat Ketimbang Thailand di Turnamen Piala AFF U-19 2024

Rangkaian pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” dengan target 100.000 pengunjung ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dalam pemanfaatan museum sebagai ruang publik yang memiliki nilai edukatif.

Ketua Tim Kuratorial dan Koleksi IHA, Zamrud Setya Negara menjelaskan, sejalam dengan visi IHA untuk mereimajinasi museum dan cagar budaya, kegiatan ini merupakan wujud konkret dari komitmen untuk mengupayakan reprogramming, atau pemrograman ulang tata pamer dan program museum salah satunya melalui program kolaborasi.

BACA JUGA:Link Live Streaming Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia U-19 Semifinal Piala AFF 2024, Saatnya Tunjukan Taji!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: