Pemprov DKI Sukses Gelar JITEX 2024, Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional

Pemprov DKI Sukses Gelar JITEX 2024, Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri event Jakarta International Investment, Trade, Tourism and Small Medium Enterprise Expo (JITEX) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.-Cahyono-

Ia berbelanja untuk keperluan sehari-hari. Saat ditanya tim Disway.id, Faizal sudah berkeliling selama hampir empat jam.

"Ini saya beli kaos kaki dan sedikit cemilan khas beberapa daerah," beber pria yang tampak santai membawa sejumlah tas belanja.

BACA JUGA:Pemprov DKI Gelar JITEX 2024, Dorong Produk Unggulan UMKM ke Pasar Lokal dan Internasional

Faizal menjelaskan, hampir seluruh produk busana di JITEX cukup terjangkau, dengan bentuk dan kemasan beragam serta menarik.

"Harganya worth it-lah. Dengan barang yang bagus gini, saya rasa masih sangat terjangkau. Motif dan bahannya yang saya suka," ungkap Faizal saat ditemui pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

ASEAN 2025 di Malaysia Sasaran Berikutnya

Secara terpisah, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, yang hadir di JITEX 2024 mengutarakan, pada tahun depan akan ada event internasional di Malaysia, yakni ASEAN 2025.

Ia berharap, event itu dapat menjadi momentum pelaku UMKM untuk menggelar pameran dan menarik negara-negara anggota Association of South East Asian Nations (ASEAN). 

"Tak hanya dari negara ASEAN saja yang ke Malaysia, tapi di luar ASEAN juga. Jadi kita lihat ke depan, kita akan dapat menjadikan Malaysia sebagai showroom untuk memamerkan produk-produk Indonesia. Jadikan Malaysia sebagai batu loncatan, karena itu paling mudah. Setelah dari Malaysia, kita bisa kembangkan lagi ke negara-negara sekitarnya," tandasnya saat ditemui di JITEX 2024 pada 7 Agustus 2024.

Pasar Malaysia, lanjut Hermono, sangat menjanjikan. Hal ini lantaran Malaysia menempati posisi tiga besar dari sisi jumlah pengunjung pameran dan nilai transaksinya. 

BACA JUGA:Gratis! Event Pameran JITEX 2024 di JCC 7-11 Agustus, Hadirkan Produk Lokal dan UMKM Berkualitas

"Faktor lain adalah Malaysia dan Indonesia dekat secara budaya serta lokasi. Namun, yang utama, Malaysia punya distribusi yang kuat, sehingga produk UMKM yang masuk nantinya akan melalui jaringan distribusi yang sudah ada di Malaysia," jelasnya.

Pada hari penutupan JITEX 2024, Minggu, 11 Agustus 2024, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Di antaranya Hippindo, Kementerian dan Lembaga, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia, KBRI Manila, buyer dan investor, serta para stakeholder lainnya. (Sabrina/Candra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: