Pemprov DKI Sukses Gelar JITEX 2024, Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional

Pemprov DKI Sukses Gelar JITEX 2024, Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri event Jakarta International Investment, Trade, Tourism and Small Medium Enterprise Expo (JITEX) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.-Cahyono-

"Saya belum pernah ke India, buyer saya juga enggak pernah ke Indonesia. Tetapi, kami bisa bertemu berkat eksistensi media digital (media sosial dan website)," paparnya.

Cara ini, kata Nicholas, dapat semakin membuat produk Indonesia terkenal, sekaligus meningkatkan kontribusi ekspor pelaku UMKM. Karena, menurut data terkini, kontribusinya sebesar 15,7 persen dari 65,5 juta pelaku UMKM.

BACA JUGA:JITEX 2024 Serap Nilai Potensi Transaksi Sebesar Rp12,86 Triliun

JITEX 2024 dibuka oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Rabu, 7 Agustus 2024 malam.

"Melalui pameran ini, pelaku UMKM dapat memperkenalkan produk unggulannya ke pasar lokal dan internasional, sekaligus mendorong Jakarta menjadi pusat wisata, Meetings, Incentives, Conventions, dan Exhibitions (MICE), dan perdagangan ekspor produk lokal," urainya.

JITEX 2024 merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaaan Indonesia (Hippindo).

Kegiatan berskala global ini mempertemukan para pelaku UMKM dengan pembeli (buyers) lokal maupun luar negeri. Jumlah pelaku UMKM yang ikut memamerkan produknya di JITEX 2024 tercatat 315 orang.

Mereka terdiri dari pengusaha business matching, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan patungan, pelaku usaha fesyen, kuliner, home living, kreatif, manufaktur, UMKM, otomotif, koperasi, serta pariwisata.

Hadir pula para undangan dari berbagai stakeholder, seperti buyer, investor, kementerian/lembaga, asosiasi, dan pelaku usaha.

BACA JUGA:Cute Monsters Senang Bisa Pamerkan Produknya di JITEX 2024, Siap Lebarkan Sayap hingga Australia

Sebagian tamu undangan berasal dari luar negeri, seperti India, Malaysia, Polandia, Filipina, Thailand, Laos, serta Hong Kong. Total nilai transaksi dan investasi di JITEX 2024 selama lima hari mencapai Rp 12,89 triliun, dengan jumlah pengunjung mencapai 11.310 orang.

Pantauan Disway.id di JITEX 2024 selama pameran berlangsung, pengunjung memadati area pameran yang digelar di Cendrawasih Hall & Lower Lobby, JCC, itu sejak pagi hingga malam hari.

Beragam produk lokal dan luar negeri tampil di event ini, mulai dari fashion, kerajinan tangan, makanan dan minuman, sepeda, hingga produk elektronik.

Hampir semua booth ramai didatangi pengunjung. Faizal, warga Serpong, Kota Tangerang Selatan, datang ke JITEX bersama teman perempuannya.

Dia sengaja mendatangi event ini karena ingin berburu aksesoris, busana, dan beberapa barang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: