Pimpin Renungan Suci di TMPNU Kalibata, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Bangsa Hormati Jasa Pahlawan

Pimpin Renungan Suci di TMPNU Kalibata, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Bangsa Hormati Jasa Pahlawan

Wapres Ma'ruf Amin seusai Renungan Suci di TMPNU Kalibata, Jakarta.-Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, pemerintah menggelar acara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan.

Acara yang berlangsung pada tengah malam menuju 17 Agustus ini dihadiri oleh berbagai pejabat negara dan tokoh nasional.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertindak sebagai inspektur upacara.

BACA JUGA:Renungan Suci di TMP Seribu Serpong, Ini Rangkaiannya

Dalam pidatonya, Ma'ruf Amin menyampaikan, apel kehormatan dan renungan suci ini dalam rangka memperingati ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini," ujarnya.

Diungkap Ma'ruf Amin, telah dimakamkan sebanyak TNI dan Polri 9.301 pahlawan, badan perjuangan 930 pahlawan, tokoh nasional 76 pahlawan, dan tidak dikenal 43 pahlawan atau berjumlah 10.350 pahlawan.

"Begitu pun para pahlawan tidak dikenal di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng gunung, lembah-lembah ngarai, dan dasar-dasar lautan kami nyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian penghormatan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,"

BACA JUGA:Fix! Program Makan Bergizi Gratis Masuk RAPBN 2025, Segini Anggarannya

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya."

Sebelum pelaksanaan, sebagai bagian dari persiapan acara, pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi, dengan menutup jalan TMP Kalibata dari kedua arah untuk memberikan ruang bagi pelaksanaan upacara.

Selain itu, pemadaman lampu di sekitar TMP juga dilakukan sebagai simbol penghormatan kepada jasa para pejuang bangsa.

Penutupan jalan dan pemadaman lampu berlangsung efektif, menciptakan suasana khidmat dan tenang yang sesuai dengan tujuan utama acara Renungan Suci.

BACA JUGA:Dikasih Bonus Rp6 Miliar, Ini Pesan Veddriq Leonardo untuk Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: