Ma'ruf Amin Sebut Tak Ada Masalah Dewan Syuro di PKB 

Ma'ruf Amin Sebut Tak Ada Masalah Dewan Syuro di PKB 

Ma'ruf Amin Sebut Tak Ada Masalah Dewan Syuro di PKB -Disway/Ayu Novita-

NUSADUA, DISWAY.ID-- Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH. Ma'ruf Amin, menepis tudingan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menganggap PKB di bawah kepemimpinan Abdul Muhaimin Iskandar mengecilkan peran Dewan Syuro

Dalam penutupan Muktamar PKB 2024 di Nusa Dua, Bali, Ma'ruf mengatakan bahwa dirinya telah menanyakan secara khusus mengenai tudingan ini kepada Gus Muhaimin, sebelum menerima permintaan menjadi Ketua Dewan Syuro PKB 2024-2029. 

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Terima Amanat Jadi Dewan Syuro PKB

BACA JUGA:Presiden Terpilih Prabowo Subianto Dipastikan Tidak Hadir di Muktamar PKB 2024

"Saya minta syarat, tidak banyak. Bahwa dewan syuro harus diposisikan sebagaimana mestinya. Hal-hal strategis harus diputuskan dewan syuro bersama ketua umum. Kata Pak Muhaimin, tidak ada masalah karena memang PKB seperti itu. Kalau seperti itu, saya bilang berarti tidak ada masalah di PKB," kata Ma'ruf pada Minggu, 25 Agustus 2024. 

"Karena yang dimasalahkan dewan syuronya tidak berfungsi, tapi karena dibilang memang tidak ada masalah, lalu apa lagi yang dipersoalkan? Tidak ada, selesai lah konflik itu," dia menambahkan. 

Dalam kesempatan ini, Ma'ruf Amin ditunjuk sebagai Ketua Dewan Syuro PKB 2024-2029 setelah mendapatkan permintaan dari para kiai dan ulama sepuh.

Namun, sebelumnya dia berniat kembali ke pesantren usai merampungkan tugas sebagai Wakil Presiden RI. 

BACA JUGA:Cak Imin Ungkap Alasan Ma'ruf Amin Jadi Ketua Dewan Syuro PKB

BACA JUGA:Ahmad Basarah Bocorkan PKB Masih Berencana Dukung Pak Anies Baswedan

Namun, Kiai Ma'ruf tak bisa menolak ketika diminta oleh para kiai dan ulama untuk menempati posisi tersebut. 

Terlebih, dirinya memang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro PKB untuk kali pertama pada 1999 silam. 

"Kalau kiai sudah minta itu susah, nolaknya susah. Apalagi Ketua Dewan Syuro PKB. Saya sulit sekali melupakan PKB. Karena saya bersama para kiai ikut mendirikan pendirian PKB dulu. Bahkan saya bersama teman-teman yang lain menjadi ketua tim lima yang membidani lahirnya PKB," kata dia. 

Sebagai Ketua Dewan Syuro PKB yang baru, Ma'ruf mengajak kepada seluruh kader untuk istiqomah di jalan PKB, yakni gerakan politik kiai, bukan sebaliknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: