Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Baznas RI Luncurkan Program Beasiswa Riset 2024

Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Baznas RI Luncurkan Program Beasiswa Riset 2024

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan program Beasiswa Riset Baznas 2024-Dok. Baznas-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan program Beasiswa Riset Baznas 2024  untuk Kategori Umum dan Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa), sebagai langkah konkret dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045

Beasiswa Riset Baznas adalah program beasiswa dengan memberikan bantuan dana riset tugas akhir untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan, bagi mahasiswa di pendidikan tinggi S1, S2, S3, dan tahun ini Baznas juga  membuka kuota kategori di luar mahasiswa seperti Tim/Kelompok/Instansi/Lembaga Riset.

BACA JUGA:Dari Sedekah Konsumen Alfamart, Rumah Sehat Baznas Terima Bantuan 8 Mobil Ambulans

BACA JUGA:Sandiaga Uno Bersama Baznas RI Salurkan Infak Kemanusiaan Untuk Palestina

Acara Seminar Nasional dan Peluncuran Beasiswa Riset Baznas 2024 diselenggarakan di Gedung Baznas RI, Jakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

Turut hadir Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, M.A., Pimpinan Baznas RI Bidang Perencanaan,Kajian dan Pengembangan Prof. (HC) Dr. Zainulbahar Noor, SE,M.Ec., Kepala BRIN RI Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc., beserta jajarannya.

Kiai Noor Achmad  mengungkapkan, sebanyak 150 beasiswa akan diberikan, dengan masing-masing untuk 50 mahasiswa S1, 55 mahasiswa S2, dan 55 mahasiswa S3, serta kelompok riset lima tim.

Dalam pelaksanaannya, Kiai Noor menjelaskan, Baznas akan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kolaborasi ini akan memungkinkan para mahasiswa berprestasi yang menerima beasiswa untuk melakukan riset yang dapat mengatasi berbagai permasalahan mustahik, sehingga mereka bisa diberdayakan di masa mendatang. 

BACA JUGA:Daftar Harga Kambing dan Sapi di Baznas dan Dompet Dhuafa untuk Idul Adha 2024, Mulai Dari Rp2 Jutaan

“Kami berharap kerja sama ini tidak hanya membantu para mustahik saat ini, tetapi juga memberikan mereka kemampuan untuk membantu orang lain di masa depan,” ungkap Kiai Noor. 

Lebih lanjut, Kiai Noor menambahkan, selama ini, Baznas dikenal dengan berbagai program bantuan langsung kepada mustahik. Namun, dengan kolaborasi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Baznas berupaya untuk tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga menciptakan solusi jangka panjang melalui riset dan kajian tata kelola zakat.

"Melalui beasiswa riset ini diharapan bisa melahirkan peneliti yang bisa menciptakan inovasi tata kelola zakat melalui riset dan kajian yang dilakukannya sehingga dapat terwujud berbagai program kemanusiaan yang bisa tepat sasaran dan membawa kebermanfaatan untuk mustahik," ujar Kiai Noor.

Menurut Kiai Noor, program beasiswa riset ini bukan hanya sebuah inisiatif untuk memberikan bantuan finansial, tetapi juga merupakan upaya Baznas dalam menempatkan zakat sebagai solusi untuk permasalahan nasional, khususnya dalam konteks kemiskinan ekstrem. 

"Insya Allah, kami abdikan apa yang kami miliki untuk masyarakat miskin/ mustahik. Mudah-mudahan mereka bisa menolong kita setidaknya di akhirat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: