Indonesia Beri Bantuan Senjata ke Kamboja Senilai 500 Ribu Dollar

Indonesia Beri Bantuan Senjata ke Kamboja Senilai 500 Ribu Dollar

Indonesia Beri Bantuan Senjata ke Kamboja Senilai 500 Ribu Dollar-Dok TNI-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama di bidang pertahanan, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menyerahkan bantuan militer senilai $500.000 kepada Kerajaan Kamboja.

Menurut keterangan resmi laman tni.mil.id, Senin 2 September 2024, bantuan ini terdiri dari senapan, pistol, dan amunisi, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas militer Kamboja.

BACA JUGA:Kepolisian Klaim Tak Gunakan Senjata Api Dalam Pengamanan Unjuk Rasa di DPR - MPR

BACA JUGA:Kode Redeem FF Hari Ini 17 Agustus 2024 Spesial HUT RI, Dapatkan Item Kustom dan Skin Senjata Gratis!

Bantuan tersebut diserahkan secara resmi oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kamboja, Santo Darmosumarto, kepada Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja (RCAF) sekaligus Panglima Angkatan Darat Kamboja, Jenderal Mao Sophan, dalam sebuah upacara yang berlangsung di Bandara Internasional Phnom Penh.

Bantuan militer dari Indonesia ini mencakup 150 senapan SS2-V5 A1, 20 pistol G2 Elite, serta 1 juta butir amunisi yang terdiri dari 500.000 butir amunisi 5,56x45mm dan 500.000 butir amunisi 9x19mm. 

BACA JUGA:Senjata Api Ditemukan di TKP Penggerebekan Narkoba Tanah Abang, Amunisi Ratusan Butir

BACA JUGA:Hendak Ingin Tawuran, Polres Jakbar Amankan 9 Remaja dengan Senjata Tajam

Seluruh peralatan militer ini diproduksi oleh PT. PINDAD, produsen peralatan militer terkemuka di Indonesia, dan dikirimkan menggunakan pesawat TNI AU Super Hercules C130J.

Dubes Santo Darmosumarto mengungkapkan kegembiraannya atas hubungan bilateral yang semakin kuat antara Indonesia dan Kamboja. 

"Hubungan yang kuat seperti ini telah menjadi dasar bagi peningkatan kerja sama kita di berbagai bidang, termasuk pertahanan. Kami merasa terhormat untuk dapat memberikan bantuan ini saat kita merayakan 65 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara," ujar Dubes Santo.

BACA JUGA:Menteri Keamanan Nasional Israel Minta Warga Tel Aviv Persenjatai Diri Pasca Penembakan di Holon

BACA JUGA:Dituding Bawa Senjata Laras Panjang Saat Geledah Rumah Donny Istiqomah, KPK Angkat Bicara

Ia juga menambahkan bahwa kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan yang terus diperkuat diharapkan dapat berkontribusi positif tidak hanya untuk perdamaian dan stabilitas di Indonesia dan Kamboja, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: