Serba-Serbi Program Bayi Tabung, Pahami Tahapan, Syarat, dan Keunggulan IVF Demi Miliki Buah Hati

Serba-Serbi Program Bayi Tabung, Pahami Tahapan, Syarat, dan Keunggulan IVF Demi Miliki Buah Hati

Mengenal program bayi tabung--Siloam Hospitals

JAKARTA, DISWAY.ID - Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) merupakan salah satu teknik dalam perawatan kesuburan modern yang menawarkan harapan baru bagi pasangan yang kesulitan untuk memiliki anak.

Prosedur ini seringkali disebut sebagai program bayi tabung. 

Program ini melibatkan pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh, kemudian ditanamkan kembali ke rahim wanita. 

Grup RS Siloam, khususnya RS Siloam Lippo Village Karawaci dan Sriwijaya Palembang menjalankan prosedur ini, yang diwakili oleh dua dokter spesialis ahli yaitu Dr. dr. FC. Christofani Ekapatria, Sp.OG, Subsp. F.E.R dan dr. M. Aerul Chakra Alibasya, Sp.OG, Subsp. FER, MIGS.

BACA JUGA:Irwansyah dan Zaskia Sungkar Jalani Program Kehamilan Bayi Tabung Anak Kedua

Apa Itu IVF?

In Vitro Fertilization (IVF) adalah teknik reproduksi berbantu yang dirancang untuk membantu pasangan menghadapi masalah kesuburan.

Dalam prosedur ini, sel telur diambil dari ovarium wanita dan dipertemukan dengan sperma di laboratorium untuk membentuk embrio. 

Embrio yang berhasil berkembang kemudian ditanamkan ke dalam rahim wanita dengan harapan bahwa embrio tersebut akan menempel dan berkembang menjadi kehamilan yang sehat.

IVF sering kali menjadi pilihan ketika metode kesuburan lainnya tidak berhasil atau ketika ada kondisi medis yang menghalangi kehamilan alami.

Selama proses IVF, beberapa siklus hormon digunakan untuk merangsang ovarium agar menghasilkan lebih banyak sel telur, yang kemudian diambil melalui prosedur minor di bawah anestesi.

Sperma yang digunakan bisa berasal dari pasangan, tergantung pada situasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: