Kemenhub Siapkan 847 Bus Dalam Pelaksanaan PON XXI di Aceh-Sumut 2024

Kemenhub Siapkan 847 Bus Dalam Pelaksanaan PON XXI di Aceh-Sumut 2024

Kemenhub Siapkan 847 Bus Dalam Pelaksanaan PON XXI di Aceh - Sumut-Dok. Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka turut serta mendukung dan menyukseskan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan sebanyak 847 unit bus beserta awak bus saat kegiatan berlangsung. 

Penandatanganan Serah Terima Pinjam Pakai Bus Dukungan PON XXI dilakukan antara Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dengan Pj Gubernur Provinsi Aceh, Safrizal ZA di Kantor Gubernur, Banda Aceh pada Kamis, 5 September 2024. 

BACA JUGA:Kontingen Aceh Sabet Perak di PON XXI, Kali Ini dari Cabor Aerosport Paramotor

BACA JUGA:Ini Makna dan Filosofi Logo PON XXI Aceh-Sumut 2024, Dua Daerah Penuh Budaya dan Tradisi!

“Kami telah siapkan 480 unit bus berukuran mikro yang akan melekat kepada atlet dan ofisial dengan sistem shuttle di Aceh. Sedangkan untuk di Sumatera Utara dilayani oleh sebanyak 367 unit bus yang terdiri dari 274 unit bus berukuran medium dan 93 unit bus mikro," ungkap Sesditjen Perhubungan Darat, Amirulloh dikutip pada Jumat, 6 September 2024. 

Lebih lanjut Ia menuturkan bus dukungan tersebut berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. 

Adapun Bus dari Pulau Jawa telah dilakukan pengiriman secara bertahap mulai tanggal 28 - 29 Agustus 2024 dari Pelabuhan Patimban Jawa Barat menuju Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara. 

"Tentunya sebelum dilakukan pengiriman, armada bus telah melalui proses rampcheck pada tanggal 27 - 29 Agustus 2024 yang bertempat di Pelabuhan Patimban dan ada juga yang dilakukan di wilayah kerja Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di wilayah Sumatera," jelasnya. 

Kemudian, Amirulloh menuturkan bus dukungan tersebut beroperasi mulai tanggal 2 September hingga 20 September 2024 nanti. 

BACA JUGA:PON Aceh-Sumut 2024: Seremoni Dibuka 9 September, Ada Cabor yang Sudah Tanding

BACA JUGA:Kemendagri Harap PON XXI Bisa Jadi Ajang Promosi Pariwisata dan UMKM di Aceh dan Sumut

Adapun, gelaran empat tahunan itu akan mempertandingkan sebanyak 56 cabang olahraga yang dibagi menjadi 33 cabang olahraga diselenggarakan di Aceh dan 28 lainnya di Sumatera Utara. 

"Kami sangat berharap para atlet, ofisial dan seluruh peserta PON XXI dapat menjalankan aktivitas dengan lancar, aman dan nyaman dengan adanya bantuan berupa sarana transportasi ini. Mari kita jaga dan manfaatkan fasilitas yang ada sebaik-baiknya," ujarnya. 

Pada kesempatan ini, PJ Gubernur Provinsi Aceh, Safrizal juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan demi kelancaran acara olahraga bergengsi nasional ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: