Pemain Diaspora Dituding Punya 2 Paspor, PSSI: Mereka Kita Urus Sesuai Hukum Kita Kalau Mau Jadi WNI!

Pemain Diaspora Dituding Punya 2 Paspor, PSSI: Mereka Kita Urus Sesuai Hukum Kita Kalau Mau Jadi WNI!

Informasi pertandingan Timnas Indonesia vs Australia terkait head to head, prediksi susunan pemain, hingga jadwal siaran langsung.--Twitter Timnas Indonesia @TimnasIndonesia

 

JAKARTA, DISWAY.ID-- Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyampaikan masalah pemain diaspora yang memiliki paspor ganda melalui anggota Komite Eksekutifnya Arya Sinulingga.

 

Meskipun demikian, Arya tidak serta merta tidak membantah secara tegas mengenai paspor ganda, dan memilih untuk lebih banyak merespon dengan cuitan dari Peter Gontha.

BACA JUGA:Stadion GBK Jebol Penonton Tanpa Tiket, PSSI: Kita Akan Tegas dan Perketat Lagi Pintu Masuk!

BACA JUGA:Arya Sinulingga Sebut Banyak Suporter Tanpa Tiket Masuk SUGBK, PSSI Bakal Perketat Keamanan Mulai November

 

Sepanjang tahun lalu, setidaknya ada 13 pemain diaspora yang memperkuat Timnas Indonesia.

 

Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, dan Thom Haye.

 

Selanjutnya, ada Calvin Verdonk, Maarten Paes, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat.

 

Penampilan Timnas Indonesia makin lengkap dengan masuknya para pemain diaspora tersebut. Saat ini, skuat Garuda berhasil melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

BACA JUGA:Duh! Malaysia Salip Timnas Indonesia di Ranking FIFA Terbaru Usai Angkat Piala Merdeka 2024, Ungkit PSSI?

BACA JUGA:PSSI Bongkar Calon Pemain Naturalisasi Indonesia Tiba Minggu Ini, Mauro Zijlstra Main Lawan Australia?

 

"Kita ini bingung ya ketika Timnas kita berjuang hasilnya baik, membawa nama Merah Putih semuanya bersatu. Rakyatnya mendukung, bisa dilihat tuh antusiasme rakyat juga besar gitu ya," ucap Arya dalam keterangan resmi PSSI.

 

Arya menilai, mencuatnya isu ini menunjukkan adanya upaya untuk menggembosi Timnas Indonesia melalui informasi yang menyesatkan.

 

"Rasa kebangsaan kita juga besar, eh ada aja orang yang berusaha menggembosi ya, begitu. dengan isu-isu yang jelas kadang-kadang enggak jelas juga gitu ya. Kok bisa yang begitu masih terjadi?," ujarnya

 

Arya menyoroti para pemain diaspora tersebut yang menggunakan paspor Indonesia saat masuk ataupun keluar dari Indonesia.

BACA JUGA:PHK Besar-besaran di PSSI, Arya Sinulingga: Bagian dari Transformasi

BACA JUGA:PSSI Bocorkan Pemain Naturalisasi Terbaru, Mees Hilgers Paling Diutamakan!

 

"Mereka sudah kita urus sesuai dengan hukum kita, mereka mendapat kewarganegaraan kemudian mereka juga kita bawa ke FIFA pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasi ya Indonesia," tutur ia.

 

Isu paspor ganda mengemuka dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR RI yang juga membahas dengan Menteri Hukum dan Keamanan (Kemenhumkam) serta Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada Kamis, 12 September 2024.

 

Dirjen AHU Kemenhumkam Cahyo Rahadian menegaskan, pihaknya belum mengidentifikasi pemain naturalisasi yang kembali ke negara asal.

 

"Dari semua ini tentu pada saat permohonan menjadi WNI, maka, karena kita menganut asas kewarganegaraan tunggal, maka mereka harus melepaskan kewarganegaraan mereka sebelumnya," tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: