Ini Permintaan Guru Besar UPI Hingga Peneliti BRIN Untuk Menteri Pendidikan era Prabowo-Gibran

Ini Permintaan Guru Besar UPI Hingga Peneliti BRIN Untuk Menteri Pendidikan era Prabowo-Gibran

Ini Permintaan Guru Besar UPI Hingga Peneliti BRIN Untuk Menteri Pendidikan era Prabowo-Gibran-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Guru Besar UPI Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd., SIP, SH, MH, M.Si. berharap agar menteri pendidikan yang akan diangkat oleh Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran merupakan orang yang memahami kondisi pendidikan di Indonesia.

"Mudah-mudahan Prabowo-Gibran membentuk tim pendidikan yang andal dan tidak hanya pada jalur politik, tapi jalur professional. Mudah-mudahan menteri kita juga menteri yang paham pendidikan," kata Cecep pada Kongres I P2G di Jakarta, 16 September 2024.

BACA JUGA:Jokowi Sediakan 621 Hektar Hutan di IKN Jadi Pusat Pendidikan dan Riset

BACA JUGA:Cerita Guru Besar UI Pernah Alami Bullying saat Pendidikan Dokter Spesialis, Dikerjain Senior

Menurutnya, problematika pendidikan di Indonesia layaknya benang kusut yang sulit diurai.

"Delapan standar pendidikan kita belum terpenuhi dengan baik, makanya terjadi disparitas, terjadi problem ketika PPDB sistem Zonasi itu bermasalah karena memang standarisasi pendidikan kita belum merata dengan baik."

Dengan tujuan memperbaiki pendidikan di Indonesia, menurutnya pemerintah tidak perlu muluk-muluk agar perbaikan yang diharapkan dapat terwujud.

"Penuhi saja delapan standar pendidikan plus standarisasi digital. Kemudian yang kedua terapkan Sisdiknas dengan baik dan buat peta jalan pendidikan yang mengait antara zaman ke zaman," tuturnya.

BACA JUGA:Ditinggal Ayah Sejak Kecil, Baim Alkatiri Tuntut Biaya Pendidikan Selama 3 Tahun: Aku Mau Minta Ganti!

BACA JUGA:Maraknya Kekerasan Seksual dengan Pelaku Anak, KemenPPPA: Darurat Pendidikan Seksual

Sehingga, untuk menciptakan SDM Indonesia yang diharapkan mendatang dapat dituangkan dalam grand desainnya.

"Buat peta jalan pendidikan yang mengait antara zaman ke zaman. Kemudian kita mau menciptakan SDM Indonesia yang akan datang itu seperti apa, dituangkan dalam grand design-nya."

Peneliti Pendidikan Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Anggi Afriansyah mengamini pernyataan Cecep.

"Pak Prabowo-Gibran ini harus memilih menteri pendidikan yang memang mengerti pendidikan itu. Jadi betul-betul bisa mengakar siapakah dia," tambah Anggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: