Mengenal Prosedur Medis PCI untuk Penanganan Serangan Jantung Akut

Mengenal Prosedur Medis PCI untuk Penanganan Serangan Jantung Akut

Penyakit jantung siap mengintai jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gorengan. --freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Serangan jantung akut, atau infark miokard akut, memerlukan penanganan yang tepat. 

Serangan jantung akut adalah kondisi medis yang memerlukan perhatian segera karena berpotensi menyebabkan kerusakan jantung permanen dan berisiko tinggi terhadap keselamatan pasien. 

Penyebab utama serangan jantung adalah penyumbatan pada salah satu arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. 

Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh pembekuan darah yang terbentuk di permukaan plak aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak dan zat lain di dinding dalam arteri. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Jantung

DR. dr. Antonia Anna Lukito Sp.JP(K), FIHA, FAPSIC, FAsCC, FSCAI, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Lippo Village Karawaci Source: Siloam Hospitals Group mengatakan ketika aliran darah terganggu, bagian otot jantung yang terkena tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau kematian sel-sel jantung. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka kerusakan ini dapat berlanjut dan menimbulkan komplikasi serius seperti gagal jantung atau kematian mendadak.

Gejala Serangan Jantung Akut 

Gejala serangan jantung dapat mencakup nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang bawah, dan dapat menyebabkan sesak napas serta rasa mual.

Jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, mencari bantuan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sesegera mungkin, adalah langkah yang sangat penting. 

Di Rumah Sakit Siloam, penanganan serangan jantung akut dilakukan melalui protokol yang ketat, dimulai dengan evaluasi cepat dan tepat di IGD, diikuti dengan tindakan medis yang sesuai untuk mengurangi kerusakan jantung dan meningkatkan kemungkinan pemulihan penuh.

BACA JUGA:Selain Kanker, Puput Novel Meninggal Dunia Gegara Penyakit Komplikasi Jantung dan Paru-Paru

Apa Itu PCI?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: