Tingkatkan Kualitas SDM Industri, Kemenperin Pacu Pemberian Fasilitas Pendidikan yang Layak

Tingkatkan Kualitas SDM Industri, Kemenperin Pacu Pemberian Fasilitas Pendidikan yang Layak

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita -Dok. Kemenperin -

JAKARTA, DISWAY.ID -- Seiring dengan perkembangan teknologi industri 4.0, sektor manufaktur di Indonesia terus berupaya untuk memanfaatkan peralatan mutakhir agar bisa lebih produktif dan berdaya saing global.

Langkah ini juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) industri yang terampil, guna mendukung percepatan menuju transformasi digital tersebut.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sendiri juga turut beperan aktif dalam menyediakan SDM industri kompeten, dan melek teknologi modern lewat sejumlah unit pendidikan vokasi milik Kemenperin, yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Terpidana Mati Diduga Kendalikan Peredaran Narkoba dari dalam Lapas

BACA JUGA:Soal Kans PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo, Hasto: Usai Megawati Pulang dari Uzbekistan

"Kami sudah menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana melalui 13 pendidikan tinggi vokasi, sembilan SMK, dan tujuh Balai Diklat Industri (BDI) dengan spesialisasi dan kompetensi spesifik untuk membekali keterampilan secara mendalam," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya pada Selasa 18 September 2024.

Menurut Menperin Agus, Indonesia perlu meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya. Terlebih lagi, Indonesia juga merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dan terbesar di ASEAN.

Salah satu kekuatan penting dalam komposisi demografi Indonesia adalah jumlah usia muda yang besar mencapai 67,5 persen dari total penduduk sebanyak 281,6 juta jiwa.

"Potensi ini dikenal sebagai bonus demografi yang harus dimanfaatkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan inovasi untuk mendorong peningkatan daya saing nasional," jelas Menperin Agus.

BACA JUGA:Sanksi Pidana Anak Tak Seberat Orang Dewasa, Ini Penjelasan KemenPPPA

BACA JUGA:KPK Ungkap Persoalan Dugaan Korupsi Dana CSR BI dan OJK

Selain itu, Menperin Agus juga menambahkan bahwa pembangunan fasilitas pendidikan juga merupakan langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM industri di Indonesia.

"Kita semua tentu sepakat bahwa pendidikan adalah pondasi utama untuk kemajuan suatu bangsa. Dan, penyelenggaraan pendidikan vokasi menjadi aspek penting dalam upaya penyediaan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten," pungkasnya.

Oleh karena itulah, Menperin Agus melanjutkan, Kemenperin berupaya untuk membuktikan tekad tersebut lewat peresmian gedung baru SMK-SMAK Bogor pada Rabu 18 September 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: