Gempa Besar Melanda Bone Bolango, Gorontalo: Guncangannya Mencapai M 6,4!

Gempa Besar Melanda Bone Bolango, Gorontalo: Guncangannya Mencapai M 6,4!

Gempa Besar Guncang Bone Bolango, Gorontalo: Guncangannya Mencapai M 6,4!---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi dengan guncangan yang cukup besar baru saja terjadi di wilayah Bone Bolango, Gorontalo pada Selasa dini hari, 24 September 2024.

Diketahui gempa besar yang mengguncang Goronatalo itu berkekuatan magnitudo (M) 6,4 sekitar pukul 02.51 WIB.

"Gempa Mag:6,4, 24-Sep-2024, 02:51:04WIB," cuit BMKG di akun resmi X-nya (@infoBMKG) hari ini.

Gempa bumi yang terjadi di Bone Bolango, Gorontalo diketahui berada pada koordinat 0.12LS, 122.92BT, dengan pusat gempa terletak 76 kilometer di barat daya Bonebolango, Gorontalo.

BACA JUGA:Sumber Gempa Bukan Cuma Megathrust, Pakar ITB Beberkan Fakta

Kemudian untuk kedalaman gempa ini mencapai 139 kilometer. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa informasi ini diunggah dengan tujuan utama untuk memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat, namun hasil analisis data masih dapat berubah seiring dengan ketersediaan data yang lebih lengkap.

Pentingnya kecepatan dalam menyampaikan informasi terkait gempa bumi tidak bisa dipungkiri. Hal ini karena kesigapan dan kecepatan tanggap akan sangat berpengaruh dalam upaya mitigasi dan penanggulangan dampak bencana.

Meski demikian, kecepatan tersebut juga harus diimbangi dengan akurasi dan kehati-hatian dalam menafsirkan data yang diterima.

Dalam konteks gempa bumi Bone Bolango, Gorontalo, penting bagi masyarakat setempat untuk tetap waspada dan siap menghadapi kemungkinan terjadinya gempa susulan atau dampak lainnya.

BACA JUGA:BPBD Ungkap Kemungkinan Bekasi Beresiko Mengalami Gempa Megatrusht, Personel Selalu Siaga 24 Jam

Upaya mitigasi yang dilakukan bersama-sama dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi hal yang sangat krusial dalam menjaga keselamatan dan keamanan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: