Makan Tuan

Makan Tuan

--

Tahun ini ternyata ganjil 25 tahun upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Terhitung sejak dirumuskannya strategi pemberantasan korupsi di tahun 1999.

"Kerja keras kita selama 25 tahun ternyata tidak membawa hasil," ujar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Amien Sunaryadi.

Selama Orde Baru tidak berhasil. Selama Orde Reformasi tidak berhasil.

Kalau srateginya tidak berubah, katanya, 20 tahun lagi pun tidak akan berhasil.

Amien pun menarik kesimpulan: penyebabnya adalah karena fokus pemberantasan korupsi hanya di kerugian negara. Dan itu sudah terbukti tidak berhasil.

Amien pun punya jalan keluar: ganti fokus. Jangan lagi fokus ke kerugian negara. Fokuslah ke soal suap-menyuap.

Dasar pemikiran Amien adalah realitas banyaknya korupsi di Indonesia. Yang paling banyak adalah suap menyuap.

Itu ia dasarkan pada hasil surveinya selama menjabat pimpinan KPK. Di setiap forum Amien bertanya ke yang hadir tentang jenis korupsi.

Survei itu dilakukan lewat isian daftar pertanyaan yang diedarkan. Setelah itu pertanyaan disampaikan lewat apps di HP masing-masing. Menjawabnya pun lewat HP.

"Meski survei saya mungkin tidak akurat tapi belum ada hasil survei lain yang membantahnya," katanya.

Dan lagi, katanya, dalam UU Korupsi, soal suap ada di 13 pasal. Sedang soal kerugian negara hanya di tiga pasal.

Amien sekarang menjabat Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Milik BUMN.

Ke mana-mana Amien konsisten: naik mobil kijang. Sejak Kijang masih --mungkin Anda sudah lupa-- model kapsul.

Ia mengelak Kijang itu sebagai simbol kesederhanaan. "Kursi tengahnya enak untuk tidur," selorohnya.

Amien lahir di Gondang Legi, selatan Malang, tapi lulus SMA di SMAN 1 Semarang. Ayahnya tentara. Pindah-pindah. Terakhir berpangkat letnan kolonel.

Dari SMA Amien dapat beasiswa kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Pekerjaan pertamanya adalah menjadi asisten dosen di situ. Lalu kuliah lagi jadi akuntan.

"Sebenarnya saya tidak suka akuntansi. Apalagi setelah tahu di kemudian hari. Akutansi itu omong kosong," katanya.

Setelah jadi akuntan Amien ditempatkan di kementerian keuangan. Tugasnya memeriksa pajak. Lalu ambil S-2 di Georgia State University, di Amerika.

Pulang dari Amerika itulah ia ditempatkan di BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan). "Kalau terus di sana saya bisa jadi eselon satu. Karier saya bagus sekali," katanya.

Amien pilih berhenti. Umurnya, saat itu, baru 40 tahun.

Ia merasa bekerja di BPKP tidak banyak bermanfaat. Kontribusinya untuk negara kecil sekali. Ia punya pemikiran sangat ideal: untuk memperbaiki negara harus memperbaiki kementerian-kementerian. Untuk memperbaiki kementerian, BPKP harus dibubarkan.

Amienlah orang BPKP yang ingin BPKP dibubarkan.

Akhirnya Amien bekerja di perusahaan keuangan internasional: PwC. Saat itulah KPK dibentuk. Mencari pimpinan. "Pimpinan saya di PwC yang mendorong saya untuk kendaftar ke KPK," katanya.

Amien pernah berjuang agar strategi pemberantasan korupsi diubah ke suap-menyuap. Tapi para jaksa di KPK tidak mau. Pernah ia paksakan: dalam kasus ketua KPU. Berhasil.

Saya pun sampai pada inti pertanyaan: mengapa mereka tidak mau fokus ke suap-menyuap.

Awalnya agak sulit mendapatkan jawaban yang to the point. Tapi akhirnya Amien berkata: kalau fokusnya beralih ke suap menyuap akan terjadi senjata makan tuan.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 27 September 2024: Tenang Panas 

Mirza Mirwan

PAGI DI WARUNG YU JENAP "Seandainya, Mas, ini seandainya, sampeyan menjadi cawalkot dalam pilkada November nanti, apa yang sampeyan janjikan kepada pemilih dalam kampanye?" tanya Arjunsing kepada Sono (Darsono, Amd.), yang sekarang resmi menjadi ASN di kantor camat, PPPK hasil afirmasi. "Ya...tentu saja akan sampaikan visi-misi saya, Jun. Saya akan mewakafkan diri saya untuk kepentingan..." "Preeeettt!" potong Ngabdul sebelum kata-kata Sono selesai. "Wakaf apaan, wong tetangga saya minta tandatangan Camat saja sampeyan mintain duit, kok!" "Ah, itu dulu, Mas Dul. Waktu saya masih honorer. Sekarang tidak." "Lha wong tetangga saya minta tandatangan baru Selasa kemarin, kok." Arjunsing, Saiful, dan Man Sarka tertawa melihat Sono yang kemaluan, eh, kelihatan malu gegara ketahuan mengutip pungli. Sono melihat ponselnya. "Wah... udah telat nih," ujarnya. Buru-buru membayar kopi dan pisang goreng, lalu kabur dengan motor yang cicilannya baru akan lunas 22 bulan mendatang.

Ummi Hilal

Hitam dan putih tergambar indah dalam lingkaran yin yang. Sekontras itu hitam dan putih namun ada garis lengkung.Garis yang luwes.Tidak sekaku garis lurus.Garis yang tidak memisahkan namun malah menyatukan. Ada titik putih di area hitam.Dan sebaliknya ada noktah hitam di daerah putih. Tidak ada wilayah abu-abu. Tetap ada sedikit noda hitam pada putih.Seolah menggambarkan tidak ada yang sempurna. Dan ada terang harapan meski sebintik putih pada gelapnya hitam.

djokoLodang

-o-- Kemarin sore Bibi pergi membeli sandal. Penjaga toko membersihkan kakinyi dengan cairan pembersih terlebih dahulu. Kemudian mencucinya dengan sabun, mengelapnya dengan handuk, lalu memberinyi beberapa pasang sandal. Bibi memilih sepasang sandal, membayar, dan bangkit beranjak pergi. Penjaga toko bertanya: "Apakah Nyonya tidak butuh yang lain?" "Saya tadi ingin membeli bra dan celana dalam. Namun, sekarang saya berubah pikiran." --koJo.-

djokoLodang

-o-- Seorang ibu rumah tangga setengah baya memutuskan untuk menyumbangkan pakaian lamanya untuk amal. Dia menghampiri suami yang sedang asyik main hp. Istri: "Aku sudah mengumpulkan beberapa pakaian lama dan sekarang aku ingin kamu pergi menyumbangkannya di tempat amal." Suami (menggerutu): "Kenapa tidak dibuang saja? Lebih mudah begitu." Istri: "Karena di luar sana banyak orang miskin dan kelaparan yang membutuhkan pakaian ini." Suami: "Sayang, siapa pun yang pas memakai pakaianmu pasti tidak kelaparan." --koJo.-

djokoLodang

-o-- Anak gadis: "Yah, Ayah membuatku terkesan bahwa Ibu yang membuat semua keputusan dalam pernikahanmu. Aku yakin itu tidak sepenuhnya benar, bukan?" Ayah: "Nak, kau benar. Kami memang selalu membuat semua keputusan bersama. ..." Setelah terdiam beberapa saat, Ayah melanjutkan: "Atau setidaknya aku sering berada di ruangan yang sama ketika itu terjadi." --koJo.-

Mirza Mirwan

Sering kita baca berita tentang kepala daerah yang dicokok Pake K karena menerima suap. Kayaknya sudah ratusan jumlahnya. Tapi tahukah Anda bahwa di AS pun ada walikota yang terjerat kasus suap? Anda masih ingat Eric Leroy Adams? Benar, walikota NY City yang hidup bersama Tracey Collins tanpa nikah, yang mengangkat sumpah bersamaan dengan perayaan tabun baru 2022 itu. Walikota NYC ke-110, walikota kulit hitam ke-2 setelah David DInkins (ke-106, 1990-1993) itu didakwa menerima suap dan minta sumbangan illegal dari negara asing untuk pembiayaan kampanyenya di pilwalkot NYC tahun 2021. Tetapi Eric Adams bukan walikota NYC pertama yang terjerat kasus suap. Nun dulu, walikota NYC ke-97, James John Walker (1926-1932) dan walikota ke-100, William O'Dwyer (1946-1950) juga terjerat kasus suap. Bedanya, kasus Walker dan O'Dwyer terungkap setelah tidak menjabat. Jadi, Eric Afams menjadi walikota NYC pertama yang terjerat kasus suap saat masih menjabat. Kemarin polisi sudah menggeledah Gracie Mansion, rumah dinas walikota NYC, dan menyita ponselnya. Adam sendiri bersikukuh bahwa ia tak bersalah. Bahwa tuduhan yang dialamatkan kepadanya "entirely false" dan "based on lies". Benar tidaknya "sepenuhnya keliru" dan "berdasarkan kebohongan" yang dikatakan Adams, ya, mesti nunggu perkembangannya.

Jokosp Sp

Kalau kamera ini aku kasih ke kamu, maka aku bilang "mahal ini kamera". Padahal tak ada apa-apanya dibandingkan mata yang diberikan Alllah Swt. Mata kamu terima gratis. Mata begitu kamu buka otomatis auto fokus sensornya jalan, tak perlu diseting untuk lihat benda. Malam matamu bisa bedakan mana istrimu dan mana istri tetangga. Coba bayangkan kalau tak ada sensor di malam jum'at bisa-bisa "kok ini ada beda rasa, tidak seperti istri?". Ternyata apa?, ehhhhhh kok sama-sama penggemar burung.....apa tidak ancur.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@Legeg Sunda.. Saya hidup di Bandung selama 17 tahun, atau sekitar 25% dari seluruh hidup saya. Meski begitu saya tidak bisa bicara basa Sunda lisan. Tapi kalau dengar, saya bisa nangkap 80% pembicaraan. Saya setuju, pengertian "nyakola" seperti yang pak LS sebutkan.. Maksudnya, jika syarat jabatan seperti Gubernur Jawa Barat dituliskan "nyakola," secara umum itu bisa berarti bahwa calon harus memiliki latar belakang pendidikan atau dianggap sebagai seseorang yang "terpelajar." Jadi tidak secara eksplisit mengacu pada gelar akademis tertentu seperti S1, S2, atau S3. Dalam hal ini penekanannya adalah pada seseorang yang memiliki pengetahuan, kecerdasan, dan wawasan yang cukup luas..

Evo’S Zhang

#Air# Aku adalah air Ikuti arus, mengukir ngarai Aku pahat kelokannya Aku lukis di dindingnya Aku kawini tanah ini Aku adalah air Pesona matahari yg membara, Bergairah.. bangkitkan birahi Dijunjung aku disandingkan jadi awan.. Dipeluk aku.. berpeluh hujan Aku adalah air Api saja aku selingkuhi Aku adalah air Berpeluk hujan aku tetesi kayu Pohon yang haus minta menyusu.. Ku pungut jadi anak kayu ini.. Aku adalah air Biarkan lahar membara..lelehkan logam Biarlah ku basuh bersih Dan kujadikan emas berkilau Lalu aku pacari... (11 Januari 2010)

Lègég Sunda

"Nyakola" Bukan melulu harus berpendidkan(tinggi) Menurut kamus Basa Sunda susunan R.A. Danadibrata, Nyakola nyaeta:nyaruan anu sakola, Siga kaluaran tisakola. (Henteu Kokolot Begog). (Seperti orang yang berpendidikan ) -Salam dari Sumedang-

Jimmy Marta

Demokrasi, suara rakyat adalah suara Tuhan. Rakyat adalah penentu. Teori nya begitu. Prakteknya, rakyat memilih calon. Calon dipilih partai. Partai dikuasai ketum. Koalisi ketum ketum dikuasai yg paling berpengaruh. Maka, jika ada yg bilang yang harus diperbaiki itu adalah partai. Saya setuju. Maka saya usul, pemilu kita sebaiknya adalah memilih ketum partai.

Akang ckp

Orang Sunda (Jabar, DKJ & Banten) Bahasa Sunda yg aslinya tidak ada undak usuk basa seperti di Jawa, justru yg benarnya lebih terkesan kasar seperti di pedalaman Banten. Adanya tinggkatan basa karena pengaruh Mataram ke tanah Sunda.

djokoLodang

-o-- Cucu yang berumur 5 tahun dibawa orangtuanya berkunjung ke rumah Nenek. Nenek: "Masih ingatkah kamu, Cucu? Waktu baru bisa jalan, dulu itu kamu lucu sekali. ..." "Iya, Nek...." "Kamu dulu selalu panggil Nenek 'aaah... aaah ... uuuh ... uuuh' sambil senyum. ... Manis sekali ...'" "Iyaa, ...Nek... begitu lah..." Sore harinya, Cucu jalan-jalan bersama Kakek. Kakek: "Dulu, saat kamu panggil Nenek 'aaah...uuuh', itu, pasti kamu belum bisa omong..." "Sebenarnya, Kek, ... walaupun baru bisa omong sedikit, saat itu aku sudah bisa panggil Neneeek ...". "Jadi, mengapa kamu pura2? ... Dan hanya bilang 'aaah ... uuuh...'....?" "Supaya Nenek langsung diam....Tidak banyak bicara lagi ..." --koJo.-

BACA EPAPER HARIAN DISWAY

 

KESERUAN KREATIVITAS ANAK-ANAK MUDA DI KOMPETISI DBL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 26

  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Er Gham
    Er Gham
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Wilwa
    Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Wilwa
      Wilwa
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang