Gerindra Tugaskan Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029

Gerindra Tugaskan Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029

Ahmad Muzani-disway.id/anisha aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya menunjuk Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Diketahui, rencananya penetapan Ketua dan jajaran wakil Ketua MPR RI tersebut baru akan dilakukan pada Selasa, 1 Oktober 2024 petang nanti.

BACA JUGA:Fantastis! Ini 3 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 yang Paling Tajir

BACA JUGA:Nama Pimpinan DPR RI Periode 2024-2029 Diumumkan, Puan Kembali Jabat Ketua

Adapun susunan MPR RI diatur dalam Pasal 19 Peraturan MPR RI. Pimpinan MPR berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 1 orang ketua dan 9 orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh anggota MPR.

Kemudian, bakal calon Pimpinan MPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diusulkan oleh Fraksi dan/atau Kelompok DPD yang disampaikan dalam Sidang Paripurna. 

Dari calon Pimpinan MPR yang diajukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dipilih Ketua MPR secara musyawarah untuk mufakat dan ditetapkan dalam Sidang Paripurna MPR.

Sementara jika musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, ketua MPR dipilih dengan pemungutan suara oleh anggota MPR dan yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai Ketua MPR dalam Sidang Paripurna MPR.

BACA JUGA:Istri Dilantik Sebagai Anggota DPR RI, Ridwan Kamil Mendukung Penuh

BACA JUGA:DPR RI Sahkan Perubahan Undang-Undang soal Pelayaran

Profil Ahmad Muzani 

Ahmad Muzani dilahirkan di Tegal pada tanggal 15 Juli 1968, seorang pengusaha dan politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya.

Ahmad Muzani adalah Sekretaris Jenderal Partai Gerakan Indonesia Raya dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (Indonesia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: