Membaiknya Indeks Zakat Nasional (IZN) BAZNAS 2024: Momentum Peningkatan untuk Kesejahteraan dan Pemberdayaan

Membaiknya Indeks Zakat Nasional (IZN) BAZNAS 2024: Momentum Peningkatan untuk Kesejahteraan dan Pemberdayaan

Dr. Tantan Hermansah., M. Si. - Ketua Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam FDIKOM UIN Jakarta.--Baznas

2. Investasi pada Pendidikan. Wakaf pendidikan bisa menjadi pilar utama dalam membangun komunitas berpendidikan dan berdaya saing. BAZNAS aktif memberikan beasiswa kepada anak kurang mampu serta mendirikan Sekolah Cendekia BAZNAS.

3. Pengembangan Infrastruktur Kesehatan. Dana wakaf bisa diinvestasikan untuk membangun fasilitas kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat kurang mampu, seperti Rumah Sehat BAZNAS yang telah berdiri di berbagai kota di Indonesia.

4. Membangun Solidaritas Sosial. Dana ZISWAF juga bisa membangun solidaritas sosial, mempererat ukhuwah Islamiyah di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Baznas RI Salurkan Infak dari Organisasi Islam Cilegon ke Palestina

Meningkatkan Reputasi Global Zakat

BAZNAS perlu memperkuat tata kelola, transparansi, dan akuntabilitas untuk meningkatkan reputasi nasional dan internasional. Semakin profesional BAZNAS dalam mengelola zakat, semakin besar kepercayaan masyarakat untuk menunaikan zakat melalui lembaga ini.

IZN 2024 adalah momentum bagi BAZNAS untuk terus berbenah. Program yang tepat sasaran dan partisipasi lebih luas dari masyarakat, terutama kelompok menengah atas, serta pengelolaan dana ZISWAF yang lebih strategis, akan memperkuat ekonomi umat dan membangun komunitas Islam yang berdaya.

Dr. Tantan Hermansah., M. Si. - Ketua Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam FDIKOM UIN Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: