Viral Pria Diduga Timses Calon Bupati Pandeglang Bagi-bagi Duit di Atas Mobil, Bawaslu Telusuri!

Viral Pria Diduga Timses Calon Bupati Pandeglang Bagi-bagi Duit di Atas Mobil, Bawaslu Telusuri!

Beredar video yang memperlihatkan seorang pria membagikan duit dari atas mobilnya di Pandeglang -Istimewa-

PANDEGLANG, DISWAY.ID - Jagat media sosial dihebohkan dengan beredarnya video pria diduga salah satu tim sukses calon bupati-wakil bupati PANDEGLANG dan gubernur-wakil gubernur Banten menebar uang ke sejumlah warga.

Aksi nyentrik itu menghebohkan warga Pandeglang di tengah masa kampanye Pilkada serentak 2024.

BACA JUGA:Petugas Pengawas TPS Pilkada Kota Tangerang 2024 Belum Terpenuhi, Bawaslu Perpanjang Pendaftaran

BACA JUGA:Bawaslu Kota Tangerang Bakal Beri Putusan Soal Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Dalam video yang diterima Disway.id, tampak pria berkemeja putih itu membagikan lembaran uang kepada warga di jalan raya. Aksi itu lantas dikerumuni ratusan orang yang berebut uang.

Aksi bagi-bagi duit yang diduga kuat money politics itu dilakukan di atas sunroof sebuah mobil. Tampak pula foto Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang disertai foto Palson Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024. 

Di mobil itu terpasang stiker wajah Raden Dewi Setiani dan Iing Andri Supriadi, sebagai calon bupati dan wakil bupati Pandeglang. Sementara di bagian sebelah kiri, tampak foto pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Dalam narasi yang beredar, peristiwa ini disinyalir terjadi di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang beberapa hari lalu. Dalam video itu, dinarasikan pria yang membagikan uang merupakan salah satu pengusaha di Pandeglang.

BACA JUGA:PKS Tolak Keras Usulan Hugua Untuk Melegalkan Money Politic dalam Pemilu: Musuh Demokrasi!

BACA JUGA:DPR Usulkan Money Politics Dilegalkan Dalam Peraturan KPU

Menanggapi hal tersebut, Bawaslu Pandeglang mengaku sudah menerima laporan itu. Pihaknya kini melakukan penelusuran bersama Gakkumdu yang sudah turun ke lapangan untuk memastikan video itu.

"Informasi masuk berupa video bagi-bagi uang. Bawaslu Pandeglang merespon cepat terhadap informasi tersebut, dengan mengintruksikan Panwascam untuk melakukan penelusuran, sebagaimana hukum acara penangan pelanggaran berdasarkan ketentuan Perbawaslu 9 Tahun 2024, atas perubahan Perbawaslu 8 tahun 2020," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Pandeglang, Didin Tahajudin.

Bawaslu berjanji akan mengusut temuan ini untuk diselidiki lebih lanjut dan menemukan pelanggaran dalam kampanye itu. 


Beredar video yang memperlihatkan seorang pria membagikan duit dari atas mobilnya di Pandeglang -Istimewa-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: